Lepas 393 JCH Kloter 1 Embarkasi Makassar, Sekda Sulsel Minta Jamaah Jaga Kesehatan

Uncategorized465 Dilihat

SULSE.NEWS, Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani melepas rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Makassar, di Aula Mina, Asrama Haji Sudiang, Makassar, Kamis (16/6/2022) malam.

 

Turut hadir dalam pelepasan Jamaah asal Sulawesi Selatan ini, yakni, Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Hilman Latief, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulawesi Selatan Khaeroni, dan Anggota Komisi VIII DPR RI Samsu Niang.

 

Dalam sambutannya, Abdul Hayat berpesan kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan juga senantiasa beradaptasi dengan kondisi dan cuaca di tanah suci Mekkah.

 

“Harapan kita dalam perjalanan tidak kurang apapun. Kita sudah pesankan tetap disiplin protokol kesehatan kemudian pola adaptasi, termasuk makan dan seterusnya harus diatur dengan baik,” ucapnya.

 

Menurutnya, dua tahun sebelumnya tidak ada pemberangkatan haji akibat pandemi Covid 19, sehingga pemberangkatan haji tahun ini diakuinya harus menjadi perhatian dan dukungan dari pemerintah.

 

Abdul Hayat juga mengungkapkan, untuk pelaksanaan ibadah haji ini Pemprov Sulsel terus mendukung dan mengawal semua proses yang harus dijalani para JCH Sulawesi Selatan.

 

“Pemprov itu mensupport daerah-daerah supaya lebih terjamin. Besok juga sudah mulai kloter kedua, saya kira Dinas Kesehatan Pemprov juga sudah mengawal semua, tinggal kita memantau apa saja yang menjadi perhatian kita untuk berikutnya,” terangnya.

 

Sementara itu, Dirjen PHU Hilman Latief menjelaskan, pemberangkatan jamaah haji pada tahun ini tidak mudah untuk dijalani, termasuk bagi pengurus jamaah haji.

 

“Perlu kami sampaikan tidak mudah untuk tahun ini. Bukan hanya karena pandemi, tapi juga karena ada berbagai hal yang baru yang harus kita hadapi untuk perbaikan layanan ibadah haji,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Hilman juga mengingatkan para jamaah untuk menjaga fisik selama di tanah suci, karena kondisi cuaca saat ini yang cukup panas dengan puncak suhu panas mencapai 52 derajat celsius.

 

Ia pun menyarankan kepada para jamaah untuk memperbanyak minum air putih untuk menjaga kondisi tubuh dari dehidrasi agar jamaah bisa fokus melaksanakan ibadah haji.

 

“Kita berharap jamaah bisa disiplin. Disiplin yang kuat, Minum itu harus disiplin supaya tidak lemas. Bawa botol setiap saat, minum setiap saat. Karena kita berharap semua bisa fokus ibadah haji,” sarannya. (*)