Karir

oleh

 

Jenjang Karir Kewartawanan Sulsel.News

1. Jenjang Karir Struktural
2. Jenjang Karir Fungsional

Jenjang Karir Strutural menyangkut gaji, posisi, dan jabatan. Status urutan : Wartawan, Redaktur Pelaksana, Koordinator Liputan, dan Pimpinan Redaksi.

Jenjang karir fungsional: penerapan gaji wartawan tergantung dari kualifikasinya dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:

1. Status wartawan yang baru disebut reporter magang hingga 6 bulan sejak masuk. Selanjutnya, setelah melewati fase 6 bulan dan dinilai punya bakat dan potensi menjadi wartawan. Selanjutnya diangkat menjadi wartawan dengan status kontrak selama 1 tahun.

Setelah melewati masa 1 tahun dan wartawan kontrak yang dimaksud diberi kesempatan mengikuti ujian untuk menjadi wartawan tetap dengan memenuhi masa kerja, kreteria, dan persyaratan yang telah ditentukan perusahaan.

Standar dan persyaratan itu adalah memiliki keterampilan dan teknik wawancara, penulisan dari wartawan tersebut sudah baik dan memenuhi kaedah Kode Etik Jurnalistik

Selanjutnya, diangkat menjadi asisten redaktur jika Perusahaan PT Media Sulsel Cendekia yang menaungi Sulsel.News menilai wartawan yang dimaksud memiliki skil dalam perencanaan berita, memiliki jiwa kepemimpinan. Selain gaji, juga mendapatkan tunjangan jabatan.

Selanjutnya Sulsel.News mengangat wartawan menjadi Redaktur jika dinilai memiliki perencanaan berita, memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan mengendalikan konflik, dan lain-laim yang berhubungan dengan pemberitaan. Gaji dan tunjangan disesuaikan dengan jabatannnya.

Kooridinator Liputan (Korlip) syaratnya diatas tingkatan redaktur, yakni selain memiliki jiwa kepemimpinan, kemampuan mengarahkan wartawan dan redaktur, kemampuan mengendalikan konflik, bertanggung jawab mengatur halaman. Gaji dan tunjangan disesuaikan dengan jabatannya.

Redaktur pelaksana (Redpel) mampu mengendalikan dan mengatur para redaktur, memiliki perencanaan dalam hal laporan mendalam atau investigasi, mempunyai kemampaun dalam hal wawancara eksklusif, dan lain-lain yang berhubungan dengan pemberitaan dan peningkatan kesejahteraan wartawan. Gaji dan tunjungan disesuaikan dengan jabatannya.

Terakhir, PT Media Sulsel Cendekia yang menaungi Sulsel.News akan mengangkat satu orang wartawan yang sudah melalui jejang karir dan dingggap telah memenuhi syarat memiliki keterampilan manajerial yang lebih tinggi lagi dan memiliki tertinggi prestasi di atas rata-rata mempunyai ilmu manajemen sesuai persyaratan dan standar perusahaan. Akan dicalonkam menjadi wakil pemimpin redaksi atau pemimpin redaksi.

Diangkat menjadi wakil pemimpin redaksi atau pemimpin redaksi
berdasarkan pengamatan tim penilai dari perusahaan.

Demikian, gambaran umum jenjang karir kewartawanan di media online Sulsel.News.