Tak Capai Target, Realisasi Anggaran Dinas PU Makassar Hingga Triwulan Kedua Hanya 15 Persen

NEWS570 Dilihat

SULSEL.NEWS – Realisasi anggaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) hingga triwulan kedua tahun anggaran 2019 baru mencapai 15 persen

Hal itu terungkap, pada Rapat monitoring dan evaluasi (Monev) Komisi C DPRD Makassar bersama Dinas Pekerjaan Umum.

“Realisasi fisik baru sekitar 15 persen, begitu juga realisasi keuangan baru terserap sekitar 15 persen lebih,” kata Ketua Komisi C Abdi Asmara,” pada Jumat (7/8/2020) kemarin.

Menurut Abdi, minimnya realisasi anggaran Dinas PU ini lantaran sebagaian anggaran di refocousing untuk penanganan covid-19 sehingga sejumlah proyek pembangunan yang sebelumnya sudah diprogramkan tidak dilaksanakan.

“Dari total Rp700 miliar anggaran PU, sekitar 50 persen harus dialihkan atau refocusing. Sehingga sisa anggaran yang dikelola PU tersisa sekitar Rp360 miliar,” ungkapnya.

Selain itu kata Abdi, proyek pembangunan fisik di PU harus melalui rangkaian tahapan yang butuh waktu.

“Semua program yang ada di Dinas PU dilakukan pelelangan, nah itu sering kali mengalami keterlambatan dalam prosesnya. Apalagi jika tidak sesuai dengan klasifikasi biasanya akan dilakukan pelelangan ulang,” ujarnya.

“Ada dua item proyek yang sudah selesai dikerjakan yakni pemeliharaan jalan dan lampu jalan, yang sekarang dalam proses ULP dan segera dilakukan lelang adalah pembangunan jalan dan jembatan,”paparnya.

Untuk kedua proyek fisik itu, dialokasikan sebesar Rp5 miliar dari APBD dan sekitar RP17 miliar dari DID,” Jadi totalnya sekitar Rp25 miliar. Dalam waktu dekat kita harap itu kan segera terealisasi,” tandasnya. (*)

Penulis: Amma