Replika Lorong Wisata Jadi Spot Favorit Pengunjung F8 Makassar, Lokal Hingga Mancanegara

Uncategorized120 Dilihat

SULSEL.NEWS – Makassar International Eight Festival & Forum tahun 2024 menghadirkan berbagai hal menarik. Salah satunya, Replika Lorong Wisata.

Replika Lorong Wisata yang diinisiasi langsung oleh Dinas Ketahangan Pangan (DKP) ini menjadi spot favorit para pengunjung lokal hingga mancanegara.

Pantauan Hari ke-4 pagelaran Makassar F8, Replika Lorong Wisata ini ramai pengunjung. Selain berisi beberapa produk UMKM, Longwis ini juga terdapat permainan tradisional seperti dende-dende dan ular tangga.

Banyak anak-anak mampir dan didampingi orang tuanya bermain ular tangga. Keceriaan pun nampak pada raut wajah pengunjung.

Kepala Dinas Ketahangan Pangan (DKP) Alamsyah, mengatakan hadirnya replika Longwis banyak mencuri perhatian pengunjung F8 yang mana lorong tersebut didandani mirip dengan aslinya.

Dinding dindingnya dihiasi dengan mural kearifan lokal, dan lantainya diberi vinyl motif batako yang bergambar agar pengunjung tertarik utamanya anak-anak yang menjadikannya tempat bermain.

“Hari ke empat ini kami menerima laporan banyak sekali pengunjung yang berfoto dari pengunjung lokal dan tak sedikit juga turis mancanegara yang penasaran hingga mengabadikan momen di Longwis,” ucapnya, Sabtu (27/07/24).

“Anak-anak juga sangat senang. Lompat-lompat bermain ular tangga. Pokonya ini spot paling favorit di F8. Karena pengunjung dari Zona satu jika mau ke zona lainnya pasti belok masuk lewat lorong wisata,” sambungnya.

Menurutnya, ini salah satu langkah yang efektif untuk memperkenalkan lebih jauh bagaimana longwis kepada para pengunjung yang penasaran.

Seperti, Nurul (27) ia jauh-jauh datang dari Kabupaten Takalar ke Makassar F8 selain untuk menikmati kuliner dan konser. Ia juga penasaran dengan konsep lorong wisata ini.

“Saya kesini dengan anak saya dia senang sekali melihat permainan ular tangga. Saya memang penasaran juga dengan lorong wisata karena banyak berita-berita di sosmed yang biasa saya baca. Saya sempat juga bermain dende-dende sama suami saya,” tuturnya.

Lorong wisata sendiri merupakan salah satu program unggulan yang digagas Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Hadir bukan hanya untuk destinasi wisata semata namun memiliki manfaat yang lebih luas. Mulai dari mendorong peningkatan ekonomi Kota Makassar khususnya masyarakat lorong dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Replika Longwis yang dibangun dengan konsep instagramable ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan dimana terdapat berbagai seni mural. (*)