PII Gelar Sosialisasi, Bahas Perubahan Draft AD/ART Organisasi

NASIONAL, NEWS509 Dilihat

SULSEL.NEWSPersatuan Insinyur Indonesia (PII) menggelar sosialisasi draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) untuk disesuaikan dengan UU No.11/201 dan juga Peraturan Pemerintah (PP) No. 25 Tahun 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus badan kejuruan, majelis kehormatan etik dan majelis standard keinsinyuran serta perwakilan pengurus pusat PII.

“Sosialisasi ini membahas beberapa point-point penting terkait perubahan AD-ART yang baru untuk disahkan di Kongres Luar Biasa (KLB) di bulan September 2019 ini. Yakni, usulan nama Majelis Layanan Insinyur (MLI) menjadi Majelis Standard Keinsinyuran (MSK) pada struktur kepengurusan PII Pusat, PII bisa membentuk Badan Hukum Milik Organisasi (BHMO) yang bisa lebih mandiri di dalam menjalankan fungsi pembinaan keinsinyuran terkait pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) seperti kegiatan pelatihan, kursus dan sebagainya,” kata Ketua Tim penyusun AD-ART PII Ir. Purba Robert Sianipar, Ph.D., IPU, pada Kamis (8/8/2019).

Dikatakan pula, bahwa sesuai UU No.11/2014, bidang dan cakupan keinsinyuran itu meluas ada pada kementerian teknis terkait dimulai dari kementerian Ristek Dikti, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian dan lainnya.

“Standard keinsinyuran ditentukan oleh Kementerian teknis terkait,” ujarnya.

Sementara, Ir. Ahmad Bukhari Saleh selaku narasumber memflash back tentang sejarah PII sejak dibentuknya di tahun 1952 yang hanya sebagai paguyuban insinyur, perjuangan PII untuk bisa menggolkan UU keinsinyuran selama 25 tahun terakhir hingga saat ini, PII adalah organisasi non pemerintah yang diberi mandat oleh UU untuk menjalankan pembinaan keinsinyuran di Indonesia.

“Diterbitkannya UU keinsinyuran ini adalah inisiatif dari beberapa anggota DPR kita seperti Ir. Pramono Anung, Ir. Rully Chairul Azwar dan Ir. Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian saat ini,” kata Joni sapaan akrabnya.

Turut hadir, Ir. Habibie Razak Badan Kejurusan Sipil (BKS PII), Ir. Ade Irfan dari Badan Kejuruan Mesin (BKM PII), Ir. Catur Hernanto dari Badan Kejuruan Teknik Industri (BKTI), Ir. Rudianto Handojo Majelis Kehormatan Etik (MKE), Ir. Tonny Hari Widiananto Ketua BK Kehutanan, Ir. Djoko Winarno Wakil Ketua BK Elektro dan perwakilan badan kejuruan lainnya.(*)

Editor: admin