oleh

Menjaring Bibit Unggul, Peparnas XVI Papua Siap Digelar

SULSEL.NEWS – Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua siap digelar, dan akan menyusul kesuksesan PON XX Papua yang baru berakhir beberapa waktu lalu.

Peparnas XVI akan berlangsung pada 2-15 November 2021 digelar di dua tempat, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Event dengan tagline “Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi” ini akan diikuti oleh 3.301 atlet dan ofisial dari 33 provinsi. Mempertandingkan 12 cabang olahraga, yaitu angkat berat, atletik, boccia, badminton, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola CP, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun mengatakan, bahwa Peparnas XVI akan menjadi ajang meningkatkan prestasi para atlet. Namun yang lebih penting adalah sebagai kawah menjaring bibit-bibit unggul untuk mengikuti ajang internasional.

“Jadi begini, di dalam Peparnas XVI Papua, kami memiliki aturan bahwa atlet yang sudah biasa melanglang buana kemana-mana masuk TC (training center) itu diperbolehkan, namun hanya mengikuti satu cabang olahraga saja. Logikanya yang latihan dan yang nggak latihan tentu berbeda. Jadi jangan kita adu, yang latihan sama yang tidak latihan. Jadi ajang Peparnas XVI Papua ini memang mencari bibit. Betulbetul kita inginkan bibit dari grassroot,” kata Senny Marbun dalam acara dialog virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Kawal Kesiapan Peparnas XVI Papua”, Senin (18/10/2021).

Senny melanjutkan bahwa pihaknya ingin ada regenerasi bagi para atlet melalui Peparnas XVI Papua, dan pihaknya terus berkonsentrasi untuk hal itu.

NPC Indonesia berharap para atlet lain yang ada di daerah-daerah agar berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Ayo, teman-teman, ini ada ajang yang sangat baik agar kalian semua bisa berprestasi, bisa mengharumkan nama bangsa dan negara,” tegas Senny
.
Peparnas XVI Papua ini, katanya, menjadi salah satu ajang untuk introspeksi dan juga peningkatan pembinaan bagi para atlet paralimpiade.

Senny Marbun pun mengimbau kepada atlet maupun official yang ikut meramaikan Peparnas XVI Papua nanti bisa bahu membahu menyukseskan kegiatan.

“Pihak yang sudah menndukung tersedianya berbagai fasilitas juga harus didukung. Kalaupun ada salah-salah sedikit, wajarlah. Tapi yang paling penting dari semua itu adalah kita mendukung semua untuk kesuksesan bersama,” pungkas Senny.

Selasa (19/10/2021) besok Panitia Besar Peparnas (PB Peparnas) rencananya akan memulai peluncuran sponsor dan promosi kegiatan, dengan menyuguhkan kuliner makan dan minuman khas daerah hasil olahan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Papua.

Mulai dari es krim sagu, papeda bungkus, pukis sagu, kacang ijo,
hingga beberapa kemasan air mineral produk setempat.Selain itu artis lokalpun siap tampil menyemarakkan kegiatan. Sajian ini bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat.(*/rls)

News Feed