Anggota DPRD Makassar Hamzah Hamid Gelar Sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah

NEWS747 Dilihat

SULSEL.NEWS – Anggota DPRD Kota Makassar Hamzah Hamid menggelar sosialisasi peraturan perundang-undangan produk hukum daerah Perda Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah, di Hotel Continent, Jl. Perintis Kemerdekaan, Sabtu (13/3/2021).

Dikesempatan itu, Hamzah Hamid mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan guna menyebarluaskan informasi serta memberi pemahaman agar kepada masyarakat tujuan dari Perda ini utamanya dalam hal pengelolaan sampah.

Dijelaskan Hamzah Hamid, pengelolaan sampah tidak bisa diserahkan kepada Pemerintah Daerah saja, akan tetapi mesti melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat utamanya dalam hal pemilahan sampah sehingga masyarakat tak sekedar membuang sampah ditempatnya namun mereka dapat mengelolanya sehingga bernilai ekonomis.

“Keberadaan sampah yang ada dirumah kita, jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat ekonomi. Juga dapat merubah perilaku masyarakat, menambah kepedulian dan jiwa gotong royong, dan memunculkan generasi peduli sampah,” kata Hamzah Hamid dalam sambutannya.

Dijelaskan lagi, secara lebih luas, pemerintah sebenarnya dapat mengurangi biaya pengelolaan sampah jika dapat memaksimalkan pembentukan Bank Sampah di masyarakat. Namun, yang perlu diperhatikan dalam pembentukan bank sampah tersebut adalah sosialisasi, pelatihan, dan motivasi.

“Hal ini termasuk ke dalam proses untuk merubah pola pikir masyarakat terhadap sampah dan bagaimana cara memperlakukan sampah tersebut agar menghasilkan keuntungan bagi masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, regulasi Perda ini bukan hanya mengatur tentang pengelolaan sampah, tetapi juga mengatu aturan membuang sampah di lingkungan dan denda atau sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan.

“Jadi janganki’ sembarang membuang sampah, karena ada dendanya. Kelolaki’ sampah dengan baik. Kalau itu kita bisa lakukan dengan baik, maka saya yakin dan percaya sampahta’ yang dirumah masing-masing bukan lagi menjadi masalah tetapi dapat mendatangkan berkah yang bernilai ekonomi,” tandasnya. (*/yud)