Anggota DPRD Makassar Abdi Asmara Gelar Sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah

NEWS486 Dilihat

SULSEL.NEWS – Anggota DPRD Makassar Abdi Asmara menggelar sosialisasi penyebaran produk hukum daerah, Perda Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah, di Hotel Dalton, Jl. Perintis Kemerdekaan, pada Sabtu (26/6/2021).

Hadir selaku narasumber, Plt Kadis Lingkungan Hidup Kota Makassar, Iman Hud dan Camat Biringkanaya Andi Syahrum Makkuradde.

Dalam sambutannya, Abdi Asmara mengatakan, sosialisssi ini sangat penting agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana upaya pemerintah dalam pengelolaan sampah agar dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta mengubah perilaku masyarakat.

“Saya berharap tokoh masyarakat bapak ibu yang hadir hari ini dapat menjadi motor atau penyambung lidah, kenapa? karena jika sampah tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah sosial,” kata Abdi Asmara dalam sambutannya.

Politisi Partai Demokrat ini juga berharap melalui sosialisasi ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya melakukan pemilahan sampah dimulai dari rumah sendiri dan lingkungan sekitar guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah.

“Sampah yang ada dirumah kita, jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat ekonomi dan menghasilkan keuntungan,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Komisi C itu mengajak melalui sosialisasi ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mengelola sampah dengan baik.

“Sampai hari, kalau tidak salah produksi sampah ada sekitar 1000 ton perhari, ini dikarenakan kondisi pandemi karena banyak warga yang tinggal dirumah. Nah, saya kira perlu kesadaran kita semua agar sampah yang kita produksi dirumah bisa di kelola dengan baik sehingga agar dapat bermanfaat ekonomis,” tandasnya.

Sementara pada sesi pemaparan materi, Andi Syahrum Makkuradde selaku narasumber tak hanya menjelaskan pentingnya mengelola sampah dengan baik, tetapi itu mengingatkan masyarakat khususnya di Kecamatan Biringkanaya untuk bersama-sama mendukung program Makassar Recover.

“Ada tiga sub program Makassar Recover, yang pertama imunitas kesehatan. Karena kalau kita sehat keluarga juga sehat. Yg kedua adaptasi sosial, ini harus betul-betul taat Prokes seperti memakai masker, manjaga jarak. dan mencuci tangan. Bagaimana kita beradaptasi dengan taat prokss. Dan yang ketiga pemulihan ekonomi,” terangnya. (*/yud)