Mahasiswa PPG Prajabatan Unismuh Makassar Gelar Kegiatan Goes to Ecoprint di Panti Asuhan Harapan Mandiri

EKOBIS476 Dilihat

SULSEL.NEWS – Era perkembangan teknologi digital saat ini, memberikan pengaruh yang besar bagi anak-anak dan remaja, termasuk anak di Panti Asuhan Harapan Mandiri, Makassar, Sulawesi Selatan.

Saat ini, kurangnya minat siswa dalam berwirausaha merupakan isu yang perlu diperhatikan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pemahaman tentang potensi dan manfaat menjadi seorang wirausaha, kurangnya pemahaman tentang keterampilan yang diperlukan, serta kurangnya dorongan dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Sebuah Projek Kepemimpinan dari Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023, Universitas Muhammadiyah Makassar telah diluncurkan dengan tema “Menumbuhkan Kreativitas Anak-Anak Panti Asuhan Harapan Mandiri terhadap Lingkungan melalui Kegiatan Goes to Ecoprint”.

Projek ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kreativitas dan kemampuan berwirausaha anak di Panti Asuhan Harapan Mandiri.

Ibu Mawar Melati, selaku Sekretaris Panti Asuhan Harapan Mandiri mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PPG Prajabatan ini sangatlah berguna, karena sebagai langkah awal untuk meningkatkan kreativitas anak dan menumbuhkan rasa ingin menjadi seorang wirausahawan.

Projek ini melibatkan anak-anak yang berada di Panti Asuhan Harapan Mandiri sebagai peserta yang dilaksanakan pada,Sabtu 11 Mei 2024.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan tentang Ecoprint yang bertujuan untuk membekali anak mengetahui salah satu keterampilan dalam berwirausaha sebagai modal mereka di masa yang akan datang.

Selanjutnya, dengan praktek secara langsung pembuatan totebag Ecoprint dan diselingi dengan games untuk memberikan semangat. Anak-anak sangat senang dengan adanya kegiatan ini, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan antusiasme anak dalam pembuatan totebag Ecoprint tersebut.

“Kami merasa sangat senang dengan adanya pelatihan dan pembuatan totebag Ecoprint, karena sebelumnya kami tidak menyangka bahwa daun yang ditumbuk di atas kain dapat menghasilkan hasil yang cantik dan dapat bernilai, kata Ucup salah satu peserta kegiatan.

Sementara, Abdul Khaliq Ahmad, selaku perwakilan Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 mengungkapkan, kegiatan Projek Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh kelompok 1 berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill dan kemampuan berwirausaha anak khususnya di Panti Asuhan Harapan Mandiri.

“Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat memanfaatkan dengan baik ilmu yang telah diperoleh pada kegiatan ini. Semoga projek ini dapat menjadi contoh bagi yang lain, karena projek Ecoprint sebagai wujud cinta akan lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam sehingga tidak mencemari lingkungan,” tandas Abdul Khaliq. (*)

Penulis: Abdul Khaliq Ahmad
(Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023)