Tim Dosen Universitas Negeri Makassar Gelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Rumah Tangga dari Batok Kelapa di Desa Leppangan

NEWS131 Dilihat

SULSEL.NEWS – Sabtu, 11 Mei 2024, pengabdian kepada masyarakat digelar oleh tim dosen dari Universitas Negeri Makassar di Desa Leppangan, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Dipimpin oleh Ahnaf Riyandirga Ariyansyah, tim ini terdiri dari anggota terampil yaitu Ulfaizah, Ridwan, dan Akmal Baharuddin. Tidak lupa, dalam kelompok ini seorang mahasiswa bernama Rahmat Hidayat juga turut berkontribusi kegiatan tersebut.

Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Pembuatan Kerajinan Rumah Tangga Berbahan Dasar Batok Kelapa”, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat setempat dalam menghasilkan produk kerajinan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dari bahan sederhana seperti batok kelapa.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah kepala desa beserta perangkat desanya, anggota Karang Taruna, dan masyarakat setempat. Dalam suasana yang penuh antusiasme, para peserta diajak untuk belajar secara langsung dari tim pengabdi tentang teknik-teknik pembuatan kerajinan yang inovatif dan bernilai ekonomis.

“Apa yang kami pelajari hari ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai masyarakat desa. Dengan bahan dasar yang mudah didapat seperti batok kelapa, kami dapat menghasilkan kerajinan yang memiliki nilai ekonomis tinggi,” ujar salah seorang peserta pelatihan dengan antusias.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat desa dalam mengembangkan potensi lokal mereka dan meningkatkan kesejahteraan secara berkelanjutan,” ujar Ahnaf Riyandirga Ariyansyah, ketua tim dosen pengabdian.

Dengan semangat kolaboratif antara tim dosen universitas dan masyarakat lokal, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan ekonomi lokal serta peningkatan kualitas hidup masyarakat Desa Leppangan dan sekitarnya.(*/rls)