230 Anggota GenBI Sulsel Ikut Pelatihan Bela Negara dan Capacity Building

Uncategorized677 Dilihat

SULSEL.NEWS – Sebanyak 230 anggota GenBI Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan Bela Negara dan Capacty Building yang diselenggarakan oleh penyelenggara, di Mako Lantamal VI Makassar.

Kegiatan digelar selama tiga hari, 7-9 Juni 2024 ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang kebanksentralan serta membangun jiwa kepemimpinan anggota GenBI agar tetap memberikan energi terbaiknya untuk Negeri yang dibina langsung oleh TNI AL Lantamal VI Makassar.

Hari pertama dari kegiatan ini diawali dengan opening ceremony dan beberapa sambutan sekaligus membuka kegiatan Bela Negara dan Capacty Building secara resmi oleh perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rezki Ernadi Ermanda.

Para peserta materi wawasan kebangsaan yang dibawakan oleh Kadispotmar Lantamal VI, selanjutnya dilanjutkan dengan materi pencegahan dan penanngulangan teroris, juga materi mengenai kebangsentral.

Kegiatan ini juga diselangi beberapa Yel-Yel yang dibawakan oleh anggota GenBI sebelum masuk ke materi pengenalan dasar dan alam selam dilanjutkan materi survival laut, dan diakhiri kegiatan hari kedua ini dengan pemutaran Film Nasionalisme.

Hari kedua, dilanjutkan dengan olahraga dan bakti sosial, selanjutnya anggota GenBI kembali menerima materi PBB, sistem pembayaran, bela negara serta disore hari peserta diajak untuk menaiki perahu karet dan berkeliling di Pantai Jalaria.

Malam hari dari rangkaian kegiatan ini diisi dengan pentas seni yang dimana setiap pleton menampilkan apresiasi seni dengan antusias yang meriah dari seluruh anggota dan panitia.

Akhir dari kegiatah hari kedua yakni kegiatan jurit malam dimana seluruh anggota diminta untuk memecahkan misi dari setiap pos, terdapat kelompok terbaik yang dapat menyelesaikan misi dari kegiatan jurit malam ini

Hari ketiga menjadi hari terakhir dari kegiatan, anggota GenBI diajak untuk melakukan kunjungan ke Museum, KRI, dan KAL. Kembali diisi materi cinta bangga paham rupiah, diakhir dengan closing ceremony dan beberapa pengumuman peserta terbaik, planton terbaik, dan lainnya.

Antusias yang ditunjukkan oleh anggota GenBI ini disetiap harinya membuat kegiatan ini begitu berkesan.

“Hal yang paling berkesan ialah kerjasama yang dibangun khususnya saat piket cuci piring dan makan bersama. Harapan kedepanya agar dapat menambah kegiatan yang lebih menarik di bela negara kedepannya,” kata Hery Andika selaku peserta terbaik kegiatan ini.

Demikian juga dikatakan Josafat Togap Hamonangan selaku Ketua Wilayah. “Banyak pengalaman baru yang dirasakan dan anggota GenBI juga dapat dengan sigap beradaptasi dan membangun kekompakan dengan baik,” tandasnya. (*/)

Citizen Reporter: Muh. Dani Assegaf