Resmi Buka Implementasi SDC Fatmawati Harap Jadi Peluang Untuk Pengangguran

NEWS452 Dilihat

SULSEL.NEWS – Pemerintah Kota Makassar mendukung pengimpelmentasian 10 ribu skill training gratis dan 100 ribu peluang usaha dan bisnis.

Hal tersebut diutarakan Wakil WaliKota Makassar, Fatmawati Rusdi saat membuka secara resmi Implementasi Program Kerja Skill Development Centre (SDC) Kota Makassar bertempat di Hotel Santika, Selasa (29/6/2021).

SDC bertujuan Mendukung Program Prioritas Walikota Makassar dalam Implementasi 10.000 Skill Training Gratis dan 100.000 Peluang Usaha Dan Peluang Bisnis.

Saat ini data perekonomian Kota Makassar tahun 2020 sebesar 15.92% tingkat pengangguran terbuka di Kota Makassar.

“Dengan adanya pandemi Covid-19 perusahaan banyak mengurangi jumlah pekerja, akibatnya banyak terjadi PHK dan dirumahkan,” kata Fatma.

Kebijakan Skill Development Center (SDC) adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah dalam ketenagakerjaan.

SDC sebuah forum komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi yang melibatkan 4 (empat) unsur ABCG sebagai pelaku utama yaitu unsur Academic atau lembaga diklat (SMK/BLK/LPK/Politeknik/Universitas), unsur Business atau dunia usaha dan industri, unsur Community (Masyarakat/Asosiasi) dan unsur Government atau pemerintah daerah.

SDC Kota Makassar sejak dibentuk akhir 2018 telah melaksanakan Pelatihan Kompetensi sebanyak 2600 peserta dengan skema retail yang bekerja sama dengan BNSP dan Kementerian, Setelah adanya SDC Kota Makassar dalam tahun 2018-2019, pengangguran berkurang 12.801 orang.

Sejalan dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang menurun sebesar 0,37 persen, yang sebelumnya sebesar 12,14 persen menjadi 10,39 pada Agustus 2019. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Agustus 2019 sebesar 62,90 persen.

Kata Fatma, di tahun 2021 SDC Kota Makassar berkolaborasi dengan Balai Latihan Kerja Makassar telah mengadakan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi sebanyak 254 peserta dengan 12 program pelatihan.

“Ini adalah prestasi yang sangat berharga bagi pemerintah Kota Makassar dimana peningkatan kualitas SDM. Tentu SDC Kota Makassar sebagai Mitra Strategi yang menjadi motor penggerak kolaborasi Pemerintah, Dunia Usaha dan Dunia Industri bersama Lembaga Diklat untuk bekerja cepat dalam menurunkan jumlah pengangguran di Kota Makassar,” jelasnya.

Fatma berharap sinergitas ini dapat menekan angka pengangguran di Kota Makassar.

“Saya berharap, melalui acara ini akan tercapai persamaan persepsi tentang rancang bangun SDC dari upaya mengatasi masalah ketenagakerjaan yang ada dan peningkatan pertumbuhan ekonomi kota Makassar,” kuncinya. (***)