oleh

Musim Hujan, Nurdin Abdullah Instruksikan Pekerja Lingkungan Lakukan Penanaman

SULSEL.NEWS – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengintruksikan seluruh pekerja di bidang lingkungan hidup untuk segera melakukan penanaman di momentum musim hujan ini.

“Jadi ada dua yang harus kita kerjakan, yang pertama adalah kita mengantisipasi curah hujan yang tinggi di musim hujan ini yang kedua semua pekerja di bidang lingkungan, ini saatnya kita menanam,” kata Nurdin Abdullah, usai pimpin upacara hari amal bakti ke 74 Kementerian Agama RI, di Asrama Haji Sudiang, ( 2 /1/2020)

Penegasan tersebut untuk menghadapi lingkungan hidup yang semakin membahayakan bagi masyarakat Sulsel terutama di bagian dataran rendah sekitar sungai-sungai.

“Supaya betul-betul kita punya lingkungan yang semakin kritis ini, kita bisa pulihkan dengan gerakan menanam, konservasi, bagaimana pun juga kita harus ingatkan juga masyarakyat mungkin tidak sebanding hasil yang dia terima dengan malapetaka yang terjadi,” jelasnya.

Guru besar Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar ini mengajak jika ada program-program orang lingkungan, ada hajatan lakukanlah dengan menanam. Hal ini lantaran lingkungan saat ini sudah sangat super kritis. Indikator disaat kemarau cekdam-cekdam yang ada hampir boleh dikata drastis penurunan debit air.

“Belum lagi, dimusim kemarau baru hujan beberapa jam ketinggian air langsung naik, artinya ada fungsi yang tidak jalan dihulu. Sesuai teori ketikan hujan se-jam di sungai itu masih kering, tapi hari ini baru saja hujan airnya sudah sampai ke sungai, itukan indikator bahwa lahan kita semakin kritis, karena tidak ada penanaman,” terangnya.

“Karena itu sungai menjadi dangkal karena segmentasi, bayangin kalau debit air naik sungai dangkal berarti kapasitas sungai melebihi dari kemampuan, itulah menjadi banjir,” tandasnya. (*)

Editor: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.