Mahasiswi PAI Unusia Terbitkan Jurnal Sinta Tiga

PENDIDIKAN384 Dilihat

SULSEL.NEWS – Kolaborasi antar Dosen dan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) yang tergabung ke dalam kelompok KKN MD-II-06 berhasil terbitkan Jurnal Pengabdian Masyarakat dengan judul “Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan Melalui Penerapan Program Bimbingan Belajar”.

Jurnal tersebut terbit pada Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Universitas Negeri Medan (Unimed) bereputasi nasional dengan akreditasi SINTA 3, ditulis oleh Dosen Akuntansi Unusia Muhammad Aras Prabowo bersama mahasiswa lintas Prodi di Unusia yaitu Hidayani Hidayani Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Mohammad Tamam Qomaruddin Mahasiswa Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Irfan Maulana Mahasiswa Prodi Teknik Informatika.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dituliskan dalam bentuk jurnal adalah Program Bimbingan Belajar sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sendiri dilaksanakan di Desa Candali, Kecamatan Rancabungur, Bogor, selama dua bulan yaitu mulai akhir Juni sampai akhir Agustus 2022, dengan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat.

“Selain meningkatkan publikasi ilmiah Unusia, Jurnal Pengabdian Masyarakat ini juga output dari kegiatan KKN MD-II-06 dan sebagai bentuk respon positif Mahasiswa atas kebijakan LPPM UNUSIA yang meminta pelaporan KKN dalam bentuk Jurnal yang dapat dipublikasikan” jelas Hidayani salah satu penulis.

Tamam menambah bahwa diharapkan Jurnal Pengabdian Masyarakat ini dapat memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru baik bagi masyarakat maupun Civitas Akademik dan mahasiswa UNUSIA.

“Kami merasa senang atas terbitnya jurnal kami, tentu itu atas bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kami Muhammad Aras Prabowo. Selain itu, kami diberikan insentif oleh Kampus atas jurnal kami, menambah semangat kami dan seluruh mahasiswa Unusia untuk terus berprestasi” ungkap Irfan.

Jurnal kami bisa diakses melalui link berikut https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/39043. Insya Allah, jurnal kedua kami bersama Bapak Muhammad Aras Prabowo akan terbit pada Januari 2023 mendatangkan, tutup Hidayani. 11/12/2022. (*/rls)