Kerap Banjir, Pj Wali Kota Susur Drainase dan Kanal di Masale

NEWS402 Dilihat

Kerap Banjir, Pj Wali Kota Susur Drainase dan Kanal di Masale

SULSEL.NEWS – Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyusuri drainase dan kanal di Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukang, pada Rabu (12/2/2020).

Iqbal didampingi Camat Panakukang Thahir Rasyid, Camat Biringkanaya Andi Syahrum Makkuradde, Kepala Bidang PSDA dan Drainase Dinas PU Kota Makassar, Fuad Azis, Ketua LPM serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Sejumlah tumpukan sampah, dan juga kondisi tanggul yang rendah ditemukan sebagai penyebab tertahannya aliran air yang kemudian menjadi penyebab banjir di kawasan ini.

“Setiap tahun wilayah ini (Pettarani, Boulevard, Pengayoman, Hertasning dan Masale) selalu mengalami banjir, khususnya pada musim hujan. Kami perhatikan sedimentasinya sudah cukup tinggi, ditambah tanggul yang terlalu rendah sehingga tidak mampu menahan air. Ini juga cukup riskan jika digali terlalu dalam, tanggulnya bisa runtuh. Intinya jika aliran airnya kita buat lancar, Insya Allah banjir bisa diatasi,” ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, pihaknya tengah menyiapkan surat untuk segera dikirim ke Balai Besar Sungai Pompengan Jeneberang yang berada di bawah Kementerian PUPR untuk segera bersinergi, utamanya penyediaan alat berat, biaya dan juga sumber daya lainnya.

“Inikan masuk kategori berat, jadi mesti ada pelibatan pemerintah pusat. Untuk yang setengah berat, kita sudah perintahkan Dinas PU untuk bekerja, demikian pula yang ringan-ringan itu bagian pemerintah di kecamatan,” terangnya.

Dikesempatan itu, Iqbal juga menyempatkan menemui warga yang banyak bermukim di sekitar kanal. Beberapa tempat yang sulit dijangkau, seperti daerah bersemak termasuk juga jembatan bambu yang kerap digunakan warga menjadi perhatian Iqbal saat melintas.(*)

Editor: admin