Kelurahan Untia Raih Sertifikat Proklim, Ini Kata Camat Biringkanaya

SULSEL.NEWS – Camat Biringkanaya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat atas keberhasilan Kelurahan Untia meriah sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Kategori Utama.

” Keberhasilan Kelurahan Untia meraih penghargaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai bukti konkret kepedulian masyarakat atas perubahan iklim,” kata Andi Syahrum kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).

Dijelaskan Andi Syahrum, keberhasilan Kelurahan Untia meriah sertifikat Proklim berkat peran masyarakat yang aktif melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintegrasi sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengendalian perubahan iklim.

“Keberhasilan Kelurahan Untia meriah sertifikat Proklim tak lepas atas dukungan dan peran serta masyarakat yang aktif melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintegrasi,” terangnya.

Diketahui, Proklim merupakan Gerakan Nasional Pengendalian Perubahan Iklim berbasis masyarakat dalam rangka mendukung upaya peningkatan kapasitas adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca di tingkat lokal

Kampung iklim adalah lokasi yang berada di wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat Kelurahan atau Desa, atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan

Adaptasi perubahan iklim adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim. Termasuk keragaman iklim dan kejadian iklim ekstrim, sehingga potensi kerusakan akibat perubahan iklim berkurang. (*)

Editor: admin

Hits: 0