Kadis PU Makassar Zuhaelsi Zubir Harap Proyek Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat Berikan Dampak Positif

NEWS258 Dilihat

SULSEL.NEWS —Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir, menyatakan harapannya terhadap Proyek Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat atau Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP).

“Proyek sanitasi ini sangat vital bagi Kota Makassar dan warganya. Dengan kolaborasi dan perencanaan yang baik, kami berharap proyek ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat,” ujar Zuhaelsi, Jumat (27/10/2023)

Zuhaelsi juga menggarisbawahi kesiapan Kota Makassar dalam mendukung proyek MSMIP. Salah satunya dengan menganggarkan biaya instalasi sambungan rumah dan melakukan sosialisasi intensif kepada masyarakat.

“Ini adalah langkah penting dalam menggarap proyek sanitasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Balai PPW PUPR, Asyiri, menginformasikan bahwa progres proyek MSMIP saat ini telah mencapai 97,75 persen.

“Kami menargetkan proyek ini rampung 100 persen pada bulan November mendatang,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar telah mengadakan rapat koordinasi bersama Pemerintah Pusat, yang melibatkan sejumlah pejabat penting seperti dari Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemendagri, hingga Kemen PUPR.

Rapat yang dipimpin oleh Sekda Makassar, Muhammad Ansar tersebut membahas berbagai aspek terkait MSMIP, mulai dari hasil proyek, pemeliharaan, pengaturan, hingga sosialisasi sanitasi ramah lingkungan.

Afiana dari Bappenas memberikan catatan bahwa proyek MSMIP telah direncanakan sejak 2014. Meskipun ada tantangan di sepanjang perjalanan, ia menekankan pentingnya memastikan bahwa proyek ini memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Pemda diharapkan dapat memanfaatkan dan menjaga infrastruktur yang ada,” pungkas Afiana.(*)