Iqbal Sambangi Dinas Sosial, Cek Langsung Data Penerima Paket Sembako

NEWS462 Dilihat

SULSEL.NEWS – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb secara langsung memeriksa data warga miskin penerima paket Sembako, di kantor Dinas sosial, Jl. Arief Rahman Hakim, pada Kamis (30/4/2020).

Pengecekan data warga ini untuk memastikan pendistribusian paket Sembako dapat berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan.

‘Saya sudah mengecek di Dinas Sosial data-data penerima bantuan sembako PSBB dan Alhamdulillah Tim Dinsos telah melakukan verifikasi dengan cukup baik dan kalau ada yang  double ataupun juga ada  beberapa  belum tercover ini yang harus diperbaiki karena  program kita cukup banyak totalnya mencakup hampir 150 ribu kepala keluarga  miskin,” ujar Iqbal .

Terkait adanya  kejadian bantuan Sembako yang ditarik kembali. Menurut Iqbal hal tersebut karena adanya ketidakjujuran, dikarenakan sudah mendapat di salah satu program yang sudah diterima namun masih menerima di program lainnya akhirnya menerima double.

Iqbal berharap bagi warga yang merasa berhak untuk  menerima sembako dalam program PSBB, agar secepatnya melaporkan diri ke RW ataupun RT setempat kemudian dilaporkan ke Kelurahan untuk  selanjutnya  pihak kelurahan akan mencek apakah warga tersebut layak menerima bantuan program PSBB atau tidak.

“Apabila warga tersebut memang namanya tidak masuk dalam data ketiga program yang lama yakni PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai serta  Bantuan Sosial Tunai, tentunya datanya akan dimasukkan dalam program sembako PSBB  ini,” jelas Iqbal.

Begitupun juga dengan warga yang tidak mampu, khususnya bagi mereka  pendatang yang tidak mempunyai KTP dan bekerja di Makassar menurut Iqbal merekaa tetap berhak mendapat bantuan.

“Mereka juga berhak diberi bantuan, dalam arti kata bukan program ini, melainkan bantuan dari perusahaan berupa CSR. Saya harap RT serta RW juga mendata mereka dan menyalurkan bantuan CSR tersebut,” terang Iqbal

Usai mengunjungi kantor dinas sosial Iqbal  kemudian meninjau Perum Pertani dan Bulog yang ditunjuk pemerintah kota sebagai penyedia sembako.

“Sebagai salah satu suplier sembako yang kita tunjuk  BUMN  cukup cepat  dan menjamin menyediakan pesanan sembako jika isinya kurang, mereka cepat melengkapinya, kita datang untuk mencek apakah pesanan kami sudah sesuai dan tidak ada hambatan, kami harap paketnya tidak di packing kalau isinya tidak sesuai, tapi alhamdulilla kita cek paketnya sesuai standart kesepakatan kontrak,” jelasnya

Iqbal menghimbau kepada seluruh masyarakat dapat bersabar, jika pendistribusian lambat karena dalam  pengepakan dibutuhkan proses.

“Mohon bersabar jika ada yang lambat menerima bantuan ini, mengingat proses pengepakan memerlukan waktu karena jika isinya tidak lengkap mereka bertanggung jawab melengkapinya, jadi semuanya butuh waktu dan membagi juga butuh waktu,” terang Iqbal.(*)

Editor: admin