oleh

Ini Cara Iqbal Jadikan Makassar Kota Bebas Kusta

SULSEL.NEWS – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menargetkan Makassar menjadi kota bebas kusta tahun 2025.

Hal ini ditegaskan Iqbal pada peringatan Hari Kusta Sedunia, di Tribun Karebosi, pada Senin (3/2/2020).

Upaya keras mewujudkan target ini terlihat saat berlangsung pemeriksaan bercak kulit sebanyak lebih 200 peserta. Tidak tanggung-tanggung, angka ini dianggap sebagai pemeriksaan terbanyak yang pernah dilakukan di Indonesia dan mendapat pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Menurut Iqbal Suhaeb, target ini juga menjadi alarm bagi seluruh pihak, utamanya petugas kesehatan untuk turun di tengah masyarakat, menemukan dan mengobati warga yang terindikasi kusta.

“Kusta harus kita eliminasi, paling tidak hingga 2025 nanti kota Makassar sudah terbebas dari kusta. Upaya ini tidak cukup jika hanya inisiatif petugas kesehatan saja, tapi juga kita minta kepada seluruh kelompok-kelompok masyarakat, komunitas, LSM untuk ikut membantu menemukan dan mengajak jika melihat ada gejala pada warga kita,” terang Iqbal.

Momen peringatan Hari Kusta Sedunia ini juga dirangkaikan dengan peluncuran program eliminasi kusta. Program ini atas bekerjasama pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan dengan Departemen Dermatologi dan Venerologi Universitas Hasanuddin dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin (Perdoski).

Launching program ini mengusung tema “Kusta Dapat Dicegah dan Disembuhkan”. (*)

Editor: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.