GenBI SulSel dan Bank BNI Sukses Gelar QRISNears, Tingkatkan Adopsi QRIS di Kalangan UMKM

EKOBIS182 Dilihat

SULSEL.NEWS – Pada 15-28 Juli 2024, Kolaborasi antara Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan Bank BNI dengan tema “QRISNears” sukses dilaksanakan selama 13 hari di berbagai wilayah di Kota Makassar.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme yang tinggi dari para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Perkembangan teknologi digital, khususnya dalam sistem pembayaran, telah membawa dampak signifikan bagi ekonomi dan bisnis di Indonesia. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sebagai inovasi terbaru dari Bank Indonesia, mengintegrasikan berbagai aplikasi pembayaran digital ke dalam satu standar yang dapat diterima oleh semua merchant.

Qris tidak hanya memudahkan konsumen dengan penggunaan satu aplikasi untuk bertransaksi di berbagai tempat, tetapi juga mendukung untuk mewujudkan akses keuangan untuk semua dan memperkuat ekosistem pembayaran digital di Indonesia.

Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya tingkat adopsi Qris di kalangan UMKM. Banyak dari mereka belum sepenuhnya memahami manfaat serta cara penggunaan Qris karena kurangnya sosialisasi dan edukasi mengenai teknologi ini.

Untuk mengatasi hal ini, GenBI dan Bank BNI bekerja sama dalam program “QRISNears” untuk memberikan edukasi yang menyeluruh serta panduan praktis kepada UMKM terkait penggunaan dan pengadaan Qris di setiap merchant.

“Dengan adanya program QRISNears memudahkan kami para pelaku UMKM yang tidak mengetahui alur atau mekanisme pembuatan Qris untuk kami gunakan di usaha kami. Dengan adanya program ini kami para UMKM bisa memudahkan dalam bertransaksi karena hanya cukup melakukan scan Qris saja. Kita tidak bingung lagi untuk menukar uang kembalian, mengurangi adanya uang palsu dan lain sebagainya” ungkap Yuli, pelaku UMKM es teh.

Amni selaku Koordinator Deputi Kewirausahaan GenBI Sulsel mengungkapkan melalui tagline kegiatan ini “Qris Dekat, Pelanggan Melekat” berharap para pelaku UMKM bisa mendapatkan pelanggan yang jauh lebih banyak dengan menggunakan metode pembayaran Qris.

“Dengan adanya program QRISNears ini kami berharap bisa menjadi penghubung antara pihak bank dan para pelaku umkm yang tidak mengetahui alur pembuatan Qris,” papar Amni.

Dengan adanya edukasi yang intensif khususnya pada transaksi digital, UMKM dapat lebih siap menghadapi era digital dan meningkatkan daya saing bisnis mereka.

Program “GenBI QRISNears” diharapkan dapat berkontribusi signifikan dalam mempercepat transformasi digital di sektor UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan GenBI dan inisiatif lainnya, kunjungi sosial media kami di genbi_sulsel (Instagram, TikTok), genbi_sulsel__ (X), GenBI Sulsel (Facebook), GenBI Sulawesi Selatan (Youtube), genbisulsel.com (Website).(*)