Gelar Musrenbang Kelurahan Suangga, ini Harapan Amri Akbar

NEWS458 Dilihat

SULSEL.NEWS, – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Suangga Kecamatan Tallo yang dilaksanakan di kantor camat Tallo, Senin, (10/1/2022).

 

Muh Amri Akbar Kepala Bidang (Kabid) Sosial dan Budaya Bappeda kota Makassar yang memimpin Musrenbang Kelurahan Suangga mengatakan, bahwa Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang dilaksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan.

 

Forum ini melibatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi meraka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaimana yang seharusnya dilakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus dilakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan dilaksanakan.

 

“Dan tentu dengan hasil yang disepakati dari RT,RW, di Musrenbang Kelurahan nantinya akan ditingkatkan ke Musrenbang kecamatan. Dan pastinya akan membuat program-program prioritas yang menjadi usulan kebutuhan masyarakat Suangga,” ucapnya.

 

Karena, menurut Amri Akbar, mempunyai keterbatasan anggaran untuk memilah-milah program yang menjadi kebutuhan masyarakat karena keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

 

“Tentunya, dengan APBD yang terbatas artinya, tidak bisa tercover semua. Akan tetapi, memilih program yang menjadi prioritas bagi kebutuhan masyarakat Suangga,” jelasnya.

 

Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 dan dipilah sesuai prioritas dan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu, kelompok Infrastruktur, Sosial Budaya dan Perekonomian. Usulan yang sudah tersusun sesuai kelompok, dilanjutkan dengn survey ke lokasi untuk mencari data yang akan ditabulasi dan dituangkan ke dalam Laporan Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 yang nantinya diusulkan pada Musrenbang Kecamatan dan Perencanaan dana DAU Tahun Anggaran 2022.

 

Untuk itu, ia berharap “Saya berharap agar semua Musrenbang hari ini, semua harus hadir guna memberikan masukan, memberikan kontribusi untuk bagaimana kelurahan Suangga ini, bisa jauh lebih baik. Oleh karena itu, dari Bappeda kota Makassar mengawal hal ini,” tandasnya.

 

Hadir dalam kegiatan tahunan ini, RT/RW se-Kelurahan Suangga, LPM kelurahan Suangga Andi Emil, perwakilan dari Dinas Kesehatan, perwakilan dari Dinas PU Kota Makassar. (*)