Dorong Digitalisasi UMKM, SehatQ Kerja Sama dengan Wiranesia Inkubator

EKOBIS, NASIONAL396 Dilihat

SULSEL.NEWS – Startup di bidang health tech SehatQ mendukung digitalisasi UMKM tanah air melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Wiranesia Inkubator.

Kerja sama ini bertujuan mempromosikan bukan hanya platform e-commerce SehatQ, melainkan juga produk-produk UMKM yang selama ini belum go digital

“Lewat kerja sama ini, kami berharap yang membuka toko online di platform e-commerce bukan hanya brand besar, melainkan juga teman-teman UMKM dengan berbagai produk berkualitas yang memang juga banyak dicari oleh pengguna,” kata Directory of Corporate and Regulatory AffairsSehatQ, Pandu Budiarso.

Melalui MoU yang berlaku selama satu tahun ini, ada empat cakupan kerja sama. Pertama, pendaftaran mitra UMKM sebagai penjual e-commerce di platform SehatQ. Kedua, kerja sama dalam pemuktahiran digitalisasi UMKM. Ketiga, publikasi kegiatan maupun program mitra UMKM serta SehatQ, dan pemberian sosialisasi sekaligus program kesehatan bagi UMKM.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64 juta. Angka ini setara dengan 99,9 persen semua usaha yang beroperasi di tanah air.

Pandemi akibat Covid-19 pun mendorong para pelaku UMKM untuk mulai melebarkan sayap ke aktivitas online dengan tidak mengesampingkan kegiatan offline Sebab, perilaku konsumen selama lebih dari setahun belakangan ini memang sudah mengalami perubahan yang mengarah kepada aktivitas daring.

“Menyikapi hal ini, kami ingin mendampingi para mitra UMKM yang selama ini masih belum beralih ke online karena berbagai kondisi, terlebih di masa pandemi. Melalui kerja sama dengan SehatQ, mudah-mudahan pasar UMKM binaan kami dapat semakin luas, yang akhirnya mampu mendorong para pelaku usaha untuk senantiasa berinovasi,” kata Founder Wiranesia Inkubator, Faransyah Agung Jaya.

Sebelumnya, Wiranesia telah meluncurkan Gerakan DigiNesia sebagai Gerakan Digitalisasi UMKM Indonesia, yang menjangkau 100 kabupaten dan 50 kota dari 26 provinsi.

Dalam program ini, para pelaku UMKM bergabung ke dalam platform Wiranesia Inkubator dan menjalani berbagai aktivitas dengan metode learning, mentoring dan implementing untuk menjadi digipreneur.

*Tentang SehatQ :*

SehatQ adalah startuppenyedia layanan kesehatan digital, yang berdiri pada November 2018. Dalam kurun waktu setahun, SehatQ kini melayani lebih dari 20 juta pengunjung setiap bulannya, dan merupakan situs kesehatan kedua terpopuler di Indonesia.

SehatQ menyediakan layanan chat dan video chat dokter, toko vitamin dan obat online, menyajikan
beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas kesehatan serta dokter.

SehatQ dapat diakses melalui www.sehatq.com dan dengan mengunduh aplikasi di Google
Playstore dan App store.

*Tentang Wiranesia Inkubator :*

Wiranesia Inkubator adalah suatu perseroan terbatas yang bergerak dalam dunia pelatihan kewirausahaan digital Indonesia dan berfokus pada pengembangan dan kemajuan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Indonesia. Wiranesia Inkubator menerapkan program dengan metode learning, mentoring, dan implementing untuk mencetak digipreneur di tanah air. (*/rls)