CRC Rilis Hasil Survei, Pasangan Danny-Fatma 40,4 Persen, Appi-Rahman 23,5 Persen

POLITIK861 Dilihat

SULSEL.NEWS – Lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis survei popularitas dan elektabilitas empat pasangan calon untuk Pilwali Makassar 2020.

Survei dilakukan pada 25 September-5 Oktober 2020 menggunakan teknik multistage random sampling terhadap 1.000 orang responden dengan margin of error kurang lebih 3%.

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Kendali kualitas dilakukan secara acak terhadap 20% dari total sampel oleh supervisor.

Hasilnya, elektabilitas pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) 40,4%, disusul Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) 23,5%, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN) 14,0%, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun (IMUN) 6,5%.

“Jika pemilihan dilakukan pada hari ini, maka hasil dari pemilihan Wali Kota Makassar hasilnya seperti ini,” kata Muhammad Nur Hidayat selaku Manajer Riset CRC dalam paparan hasil surveinya, Senin (12/10) di Hotel Santika, Makassar.

Lanjut dijelaskannya, kecil kemungkinan hasil tersebut berubah sebesar 7,4% dan besar kemungkinan berubah sebesat 24,3%. Sementara yang tidak 0,8%.

Hasil survei ini didapati dari awareness sebesar 89% warga Kota Makassar yang mengetahui pilkada akan digelar.

Muhammad Nur Hidayat menegaskan, survei tersebut merupakan data asli yang didapati dilapangan tanpa sedikitpun ada yang dirubah.

“Jadi saya tegaskan ini realitas di lapangan yang menjadi temuan CRC untuk elektabilitas empat pasangan calon yang ada,” tegasnya.(*)

Editor: