Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

EKOBIS, GAYA HIDUP455 Dilihat

SULSEL.NEWS – Merawat keindahan rambut sama pentingnya dengan merawat anggota tubuh lain seperti kulit tubuh dan wajah.

Jika tidak dirawat dengan baik, rambut akan mengalami kondisi rusak, seperti kering dan rontok.

Selain karena tidak dirawat, rambut juga bisa rusak karena faktor eksternal lain seperti sinar UV, polusi, hingga kotoran.

Perawatan rambut yang kering dan rontok sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

Tips Rawat Rambut Kering dan Rontok

Inilah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan jika ingin mengatasi rambut kering dan rontok serta membuatnya menjadi lembut serta kuat.

1. Menyesuaikan Waktu Keramas

Anda harus menyesuaikan frekuensi keramas dengan jenis rambut Anda yang kering dan rontok.

Keramas memang bisa membantu menyingkirkan kotoran, tetapi jika dilakukan terlalu sering maka akan menyebabkan hilangnya minyak alami yang diproduksi kulit kepala.

Oleh karena itu pemilik rambut kering dan rontok disarankan untuk tidak mencuci rambut terlalu sering. Alih-alih mencuci rambut setiap hari, cobalah untuk mencuci rambut setiap 3 hari sekali.

2. Memilih Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Berbagai produk perawatan rambut yang ada di pasaran telah disesuaikan dengan jenis rambut seluruh orang di dunia, termasuk pemilik rambut kering.

Biasanya, produk perawatan rambut untuk pemilik rambut kering serta rontok tidak mengandung alkohol karena akan membuat rambut malah makin kering.

3. Menggunakan Kondisioner setelah Keramas

Jika Anda memiliki jenis rambut yang kering dan rontok, penggunaan kondisioner adalah sesuatu yang wajib dilakukan untuk merawatnya. Pemakaian produk perawatan rambut ini dapat mencegah rambut Anda makin kering.

Ingat untuk mengoleskan kondisioner hanya pada bagian batang hingga ujung rambut, alih-alih kulit kepala! Pastikan juga untuk mengoleskan kondisioner secara merata dengan menyisirnya menggunakan tangan.

Anda bisa mendiamkan kondisioner selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas untuk menjadikannya sebagai masker rambut. Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap satu kali dalam seminggu.

4. Menggunakan Minyak Johoba

Jika Anda ingin menggunakan produk alami untuk merawat rambut yang kering dan rontok, cobalah menggunakan minyak jojoba. Anda bisa menggunakannya dengan mencampurkan minyak rambut ini bersama kondisioner.
Anda juga bisa menggunakan minyak jojoba secara langsung ke batang dan ujung rambut Anda.

Anda cukup mengoleskan setengah sendok minyak jojoba ke ujung rambut ketika rambut masih dalam kondisi basah setelah keramas.

5. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Salah satu penyebab rambut kering dan rontok adalah karena paparan berlebihan terhadap sinar matahari. Sinar matahari akan makin berpengaruh dengan kondisi rambut jika warna rambut Anda terang, misalnya pirang atau abu-abu.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menggunakan pelindung rambut seperti topi dan payung saat berada di kondisi lingkungan yang panas. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan yang bisa menghalau sinar ultraviolet.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain minyak jojoba, minyak kelapa juga diyakini mampu mengatasi permasalahan rambut kering dan rontok. Anda cukup menyiapkan campuran kelapa dan daun kari yang telah dipanaskan selama 2 hingga 3 menit. Setelah campuran tersebut menjadi dingin, oleskan ke rambut dan kulit kepala dan bungkus rambut dengan handuk hangat. Setelah mendiamkannya selama beberapa menit, bilas rambut Anda.

Itulah beberapa tips untuk merawat rambut kering dan rontok yang bisa Anda praktikkan di rumah. Anda bisa memilih sampo yang tepat dengan bertanya langsung ke pegawai toko konvensional atau pemilik toko online yang ada di marketplace terpercaya seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan sampo dan produk perawatan rambut lainnya dengan harga yang terjangkau serta kualitas orisinal saat Promo Valentine digelar

Anda juga bisa mendapatkan penawaran menarik lain seperti diskon gratis ongkos kirim dan jasa pengiriman super cepat yang bisa Anda pilih sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.(*/rls)