Bekali Relawan Skill Menulis Berita, KoReAn Sulsel Gelar Pelatihan Jurnalistik

NEWS519 Dilihat

SULSEL.NEWS – Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Jurnalistik yang diikuti oleh belasan delegasi utusan dari sejumlah simpul relawan.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Short Course tersebut dilaksanakan di Kedai Bilal, Jalan Racing Center Makassar, Rabu, 8 November 2023.

Menghadirkan Dosen Ilmu Komunikasi UIT Makassar yang juga Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Zulkarnain Hamson, pelatihan dibuka oleh Koordinator Wilayah KoReAn Sulsel Asri Tadda.

Dalam sambutannya, Asri mengatakan bahwa pelatihan ini sebenarnya sudah lama direncanakan, tetapi karena beberapa kendala akhirnya baru bisa terlaksana saat ini.

“Pelatihan ini tentu sangat penting bagi relawan khususnya untuk mendukung perjuangan memenangkan Anies Baswedan melalui pemberitaan yang baik,” jelasnya.

Kata Asri, menulis rilis media sangat dibutuhkan untuk bisa menyampaikan informasi dan berita yang berisi kegiatan-kegiatan kerelawanan.

“Dengan keterampilan bisa menulis rilis media yang baik, kawan-kawan di tiap simpul relawan bisa memberitakan kegiatan mereka untuk meraih simpati publik,” terang Asri yang juga Sekjen Mileanies.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ifan Pupuh Pratama mengatakan bahwa target kegiatan ini agar peserta dapat memiliki keterampilan menulis rilis berita.

“Meskipun singkat, kami berharap pelatihan kali ini bisa bermanfaat memberikan skill, minimal sudah bisa menulis draft berita untuk media,” harap dia.

Di bawah bimbingan instruktur Zulkarnain Hamson, peserta terlihat begitu antusias. Meskipun sempat diwarnai oleh pemadaman lampu, pelatihan tetap berlanjut hingga usai.

Pada akhir sesi, peserta sepakat untuk membentuk portal berita yang dikelola secara bersama-sama oleh para relawan dan akan dilaunching dalam pekan ini. (*/rls)