oleh

Anggota DPRD Makassar Andi Suharmika Gelar Sosper Pendidikan Baca Tulis Alquran

SULSEL.NEWS – Pendidikan baca tulis Alquran adalah salah bagian yang sangat penting dalam membentuk akhlak generasi muda, bahwa setiap jenjang pendidikan mulai usia dini hingga tingkat menengah harus mampu baca tulis Alquran terkhusus bagi umat Islam.

Demikian disampaikan Anggota DPRD Makassar, Andi Suharmika pada kegiatan Sosialisasi penyebaran produk hukum daerah, Perda Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Baca Tulis Alquran, di Hotel Dalton, Jl. Perintis Kemerdekaan, pada Minggu (29/8/2021).

Hadir selaku narasumber, Nasruddin IB Tuwo (akademisi), Syarif Panjhi (akademisi), serta Rosnelli Warni selaku moderator.

“Perda ini lahir sebagai upaya strategis dalam rangka membangun dan membentuk kualitas manusia yang berakhlak dan berwawasan qurani. Meningkatkan minat baca tulis Alquran sejak dini dan menanamkan kecintaan baca tulis Alquran,” kata Andi Suharmika.

Perda ini lanjut Suharmika, adalah program yang selaras dengan pendidikan nasional, terutama terkait dengan pendidikan moral. Untuk itu, ia berharap, melalui sosialisasi ini masyarakat semakin memahami pentingnya pendidikan baca tulis Alquran, sebab bukan hal tabu lagi bahwa banyak ditemukan di lapangan genarasi umat Islam tidak bisa membaca Al-Quran.

“Perda Baca Tulis Alquran ini dapat menjadi acuan untuk diterapkan lebih maksimal lagi utamanya di sekolah-sekolah dan jenjang pendidikan lainnya untuk membangun kualitas anak sejak dini yang berakhlak dan beberwawasan qurani,” tutur Suharmika.

“Intinya, tujuan dibentuknya Perda ini untuk meningkatkan minat baca tulis Alquran sejak dini dan menanamkan kecintaan terhadap Alquran,” tandas Suharmika. (*/yud)