GenBI Weekend Literacy: Mengenal Berbagai Jenis Literatur untuk Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda

NEWS14 Dilihat

SULSEL.NEWS – Makassar 20 Oktober 2024 – Dalam upaya meningkatkan minat baca di era digital, Deputi Pendidikan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sulawesi Selatan menyelenggarakan program kerja GenBI Weekend Literacy . Kegiatan yang diadakan pada bulan Oktober ini berhasil menghadirkan 44 anggota GenBI Sulawesi Selatan, sebagai bagian dari komitmen untuk mendorong peningkatan literasi di kalangan generasi muda.

Program GenBI Weekend Literacy ini akan diselenggarakan sebanyak tiga kali, pada pelaksanaan bulan yang ke 2 ini, diadakan berbagai kegiatan interaktif yang dirancang untuk menarik minat anggota dalam membaca dan mendiskusikan berbagai karya literasi.

Josafat Togap Hamonangan Sinaga, selaku Ketua Wilayah GenBI Sulawesi Selatan, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat mendorong kita untuk tidak hanya terpaku pada gawai, tetapi juga mulai membiasakan diri membaca dalam kehidupan sehari-hari. “Di era digital ini, hanya sedikit yang menunjukkan minat pada kegiatan membaca. Oleh karena itu, GenBI Weekend Literacy hadir sebagai langkah untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anggota GenBI Sulawesi Selatan,” ungkap Josafat.

Dengan program ini, GenBI Sulawesi Selatan berharap dapat membangun lingkungan yang mendorong dan memotivasi anggotanya untuk terus belajar dan membaca di tengah kesibukan era digital. Selain itu, GenBI Weekend Literacy bertujuan memperkuat kemampuan berpikir kritis dan analitis para anggota melalui diskusi literasi dan pertukaran gagasan yang berlangsung di setiap sesi. Para anggota akan didorong untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, dengan harapan mereka dapat saling menginspirasi dalam meningkatkan minat membaca.

Andi fajar AM, salah satu peserta dan anggota GenBI Sulawesi Selatan, memberikan kesan positif terhadap program ini. “Program GenBI Weekend Literacy memberikan Pengalaman yang cukup menarik, terlebih lagi bagi saya yang tipikal orang yang kurang gemar membaca buku fisik. Dengan kegiatan ini, saya mendapatkan banyak pembelajaran ternyata dengan membaca buku, kita dapat melatih kemampuan imajinasi kita dan memperluas pengetahuan,” ungkap Fajar.

Program ini tidak hanya menyasar anggota GenBI, tetapi juga membuka kesempatan bagi komunitas yang tertarik untuk bergabung dalam upaya meningkatkan budaya literasi. Dengan melibatkan lebih banyak pihak, GenBI Sulawesi Selatan berharap dapat berkontribusi secara lebih luas dalam membangkitkan semangat membaca di masyarakat.