Tingkatkan Keuntungan Melalui Layanan di Cruise World Indonesia, CLIA Tawarkan Tips kepada Agen-agen Perjalanan

EKOBIS, NASIONAL, NEWS507 Dilihat

SULSEL.NEWS – Cruise Lines International Association (CLIA) menawarkan tips kepada agen-agen perjalanan untuk meningkatkan keuntungan melalui layanan di CruiseWorld Indonesia yang akan datang

Berlayar dengan kapal pesiar adalah salah satu segmen bisnis perjalanan yang paling cepat berkembang secara global dengan 4,24 juta penumpang kapal pesiar Asia di 2018, mencapai rekor tertinggi.

Menurut 2018 Asia Ocean Source Market Report yang diterbitkan oleh Cruise Lines International Association (CLIA), pasar Indonesia mengalami lompatan hampir 55% dalam jumlah penumpang di 2018, mengangkatnya dari posisi 10 ke posisi 8 di Asia untuk peringkat pasar utama.

Pelancong kapal pesiar asal Indonesia lebih menyukai periode pesiar yang pendek dengan durasi rerata 3,5 hari dan dan memiliki usia rata-rata termuda di 39 tahun, lebih rendah dari rata-rata usia pelancong Asia di kisaran 45,4 tahun.

“Mandat CLIA Asia adalah menyediakan pelatihan, sumber daya dan dukungan yang penting bagi agen perjalanan di kawasan ini. Secara global, kami melihat bahwa pasar penumpang kapal pesiar dengan jumlah besar memiliki agen perjalanan paling ‘terdidik soal kapal pesiar’,” kata Joel Katz, Direktur Pelaksana CLIA Australasia & Asia.

“Untuk mendukung pertumbuhan pasar, CLIA akan terus memberikan pengembangan profesional untuk agen perjalanan di Indonesia,” sambungnya.

Pada edisi CruiseWorld Indonesia 25 Juni 2019 mendatang di Jakarta, CLIA akan menggelar sesi tentang “Meningkatkan Keuntungan Anda melalui Layanan”. Seminar ini bertujuan untuk mendidik mitra dagang dengan teknik yang lebih baik dalam menjual paket liburan di kapal pesiar.

“Indonesia adalah sumber wisatawan terbesar kedua yang masuk ke Singapura. Juga salah satu pasar utama untuk pelayaran kapal pesiar keluar dari Singapura. Kami telah melihat meningkatnya popularitas pelayaran kapal pesiar tak hanya di antara para pelancong, tetapi juga dalam perjalanan rapat dan insentif oleh perusahaan. Pertumbuhan ini didorong oleh pengenalan mereka terhadap maskapai kapal pesiar seperti Genting Cruise Lines dan Royal Caribbean International, yang menguasai pangsa pasar pelayaran pesiar yang diikuti orang Indonesia,” kata Raymond Lim, Direktur Area Indonesia (Jakarta) dari Singapore Tourism Board (STB).

“Kami senang dapat bekerja sama dengan CLIA dan Northstar Travel Group dalam menyiapkan agen-agen perjalanan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjual paket liburan kapal pesiar Asia Tenggara dan paket pra/pasca kapal pesiar dari Singapura secara efektif,” tandasnya. (*)

Editor: admin