Tim PPK Ormawa FOSIL Fapet Unhas Gelar Sosialisasi Pembuatan Biogas dan Biodigester

NEWS563 Dilihat

SULSEL.NEWS – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Studi Ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin menggelar sosialisasi pembuatan biogas dan biodigester,
Selasa (6/8/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat biogas sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan dan cara pembuatan biodigester sebagai alat pengolah limbah organik menjadi biogas.

Tim PPK Ormawa FOSIL Fapet Unhas menghadirkan pemateri yang ahli dalam pembuatan biogas dan biodigester yakni, Nurul Purnomo, S.Pt, M.Si menyampaikan berbagai informasi penting mengenai potensi biogas untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak lingkungan dari limbah ternak.

Ia juga menjelaskan proses pembuatan biogas yang melibatkan fermentasi anaerobik dari limbah organik seperti kotoran ternak dan limbah pertanian.

Sosialisasi ini, diharapkan tercipta kolaborasi antara akademisi, mahasiswa, dan masyarakat dalam upaya mewujudkan desa yang mandiri energi dan berkelanjutan.

Tim PPK Ormawa FOSIL Fapet Unhas berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan dukungan teknis kepada masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi biogas di masa mendatang.

Sosialisasi ini dihadiri berbagai tokoh penting, termasuk seluruh tim pelaksana PPK Ormawa UKM FOSIL FAPET UNHAS, Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa Kampili, Ridwan Dg Sittiki, Kepala BPD dengan jajarannya, serta para tokoh masyarakat dan warga Desa Kampili. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan kuat dari berbagai pihak terhadap inisiatif program ini.(*)