Sosper, Andi Suhada: Kesetaraan Gender Sokong Pembangunan Kota Makassar

NEWS455 Dilihat

SULSEL.NEWS – Anggota DPRD Kota Makassar Andi Suhada Sappaile kembali menggelar sosialisasi penyebaran produk hukum daerah Kota Makassar, di Hotel Karebosi Premier, Jl. Jend. M Jusuf, pada Rabu (21/9/2022)

Sosialisasi kali ini mengangkat tema ” Perda Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Dalam Pembangunan” menghadirkan narasumber akademisi Nurlina Subair serta Wadir RSUD Daya, Amalia Malik.

Dalam sambutannya, Andi Suhada mengatakan, Perda ini sangat penting disosialisasikan, mengingat kesetaraan gender ini sangat penting dalam pembangunan, bahwa pria dan wanita bisa bekerja berdampingan untuk menciptakan hasil yang maksimal.

“Kita hidup dalam kultur bahwa laki laki itu diatas sedikit dari wanita, padahal dalam pembangunan sudah bisa sama setara dengan peran laki laki. Makanya Pemrintah kota bersama DPRD melahirkan Perda ini,” kata Andi Suhada.

Dikatakan lebih lanjut, dijaman modernisasi seperti sekarang ini banyak wanita yang punya kapasitas dan kemampuan yang lebih di semua sektor baik instansi, dunia usaha, bahkan di dunia politik wanita sudah diberi ruang yang cukup besar.

“Ini menandakan kualitas perempuan dalam pembangunan semakin meningkat guna mewujudkan Kota. Makassar yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara, Nurlina Subair selaku narasumber mengatakan, pengarusutamaan gender ini adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi suatu yang integral dari perencanaan. Gender adalah konsep yang mengacu pada peran-peran dan tanggungjawab laki-laki dan perempuan yang terjadi dari akibat dari dapat berubah oleh keadaan sosial dan budaya masyarakat.

“Itulah kenapa pengarusutamaan gender ini masih dianggap penting untuk disosialisaikan karena masih banyak ketimpangan yang terjadi di masyarakat utamanya di sosial budaya,” terangnya. (*/yud)