Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

PEMKOT MAKASSAR391 Dilihat

SULSEL.NEWS – Puluhan siswa SD di Kota Makassar mendapat edukasi langsung terhadap literasi keuangan sejak dini, di Zona 1, Panggung F8 Makassar, Sabtu (26/8/2023).

Edukasi tersebut dibawakan langsung oleh tim Bank Indonesia yakni Fadly, Indah dan Marlin.

Fadly menyebutkan, edukasi literasi keuangan sejak dini perlu agar anak-anak dapat memiliki kemampuan untuk memahami dan menerapkan manajemen keuangan.

“Kita beri tips bagaimana mengatur keuangan. Misal uang jajannya berapa belanja berapa sisanya ditabung untuk keperluan kedepan,” ucapnya.

Tak hanya itu, puluhan siswa SD itu juga diajarkan pemahaman konsep Cinta, Bangga dan Paham Rupiah.

Ada tiga aspek yang ditekankan Pertama, aspek cinta yang menekankan pentingnya mengenali keaslian uang rupiah, termasuk bagaimana merawat dan menjaga uang rupiah.

Kedua, aspek bangga yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap uang rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran sah, simbol kedaulatan NKRI serta alat pemersatu bangsa.

Ketiga, aspek paham yang mengakselerasi pemahaman masyarakat tentang posisi rupiah dalam peredaran uang dan alat penyimpan nilai kekayaan.

“Kita menunjukkan langsung juga bagaimana ciri-ciri uang sebagai alat pembayaran yang sah. Seperti tidak sobek dan lusuh,” tambah Indah.

Ia berharap edukasi ini mampu menyadarkan masyarakat luas untuk dan ajakan untuk bijak menggunakan uang dan menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, Siswa SD Inpres Tamalanrea, Imran mengaku senang mendapatkan edukasi terkait uang rupiah.

“Senang, dapat ilmu baru dan mulai saat ini saya akan gunakan uangku sebaik-baik mungkin dan sudah tahu ciri-ciri uang palsu,” tukasnya. (*)