oleh

Malam Ramah Tamah Peringatan Hari Buruh Internasional, Danny Dorong Perusahaan Ikut Program Paraikatte

SULSEL.NEWS – Pemerintah Kota Makassar menggelar malam ramah tamah, dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2022 (May Day), di Hotel Gammara. Jumat (13/5/2022) malam.

Acara yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar melibatkan APINDO dan SP/ SB yang tergabung dalam Lembaga Kerja Sama Tripartit Kota Makassar mengangkat tema “Ketupat May Day” Sinergitas hubungan industri dan Recovery Ekonomi sebagai Wujud Nyata Kebangkitan Dunia Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Pekerja Buruh Beserta Keluarganya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, momen ini adalah momen terbaik bagi kaum pekerja, perusahaan dan Pemkot sebagai tripartit

“Ini adalah momen terbaik untuk terus bersama sama dengan sebuah sirkulasi ekonomi perusahaan kaum pekerja perusahaan Pemkot tripartit untuk bersama sama membangun perekonomian Makassar,” ucap Danny.

Danny juga menyampaikan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah membuktikan komitmennya terhadap kecelakaan-kecelakaan kerja di Kota Makassar.

“Terimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah berkomitmen dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pekerja dan terimakasih juga kepada perusahaan yang telah ikut dalam program PARAIKATTE (partisipasi perlindungan pekerja rentan terdekat),” tuturnya.

Danny juga menyebut akan mengeluarkan Perwali agar semua perusahaan ikut serta dalam program Paraikatte. “Bisa share satu persatu, satu membantu orang yang satu dengan bersama-sama memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang  Insyah Allah akan menjadi zakat kita dan amal jariyah bagi kita semua,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar Nielma Palamba menyampaikan terimakasih kepada seluruh perusahaan yang telah berpartisipasi dalam program PARAIKATTE dan sekaligus mengajak perusahaan-perusahaan di Kota Makassar untuk ikut dalam program tersebut.

“Terimakasih kepada 10 perusahaan yang telah berpartisipasi pada program PARAIKATTE dan dikesempatan ini juga saya mengajak kepada seluruh perusahaan untuk bersama-sama mensukseskan program tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Hendrayanto mengatakan, sejauh ini sudah 10 perusahaan yang ikut serta dalam program paraikatte, Pelindo Regional IV, Indomarco Prismatama, Yayasan Dipanegara, Makassar Global Awal Bross / Primaya, Nippon Indosari, Gowa Makassar Tourism Development, Yayasan Sandhika Putra Telkom, Universitas Mega Resky, Ciputra Fajar Mitra, Tamesti Paliksa Sejahtera dengan total telah memberikan perlindungan kepada 3.062 pekerja yang ada di Kota Makassar.

Malam ramah tamah ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada perusahaan maupun lembaga yang telah berpartisipasi memajukan ketenagakerjaan di Kota Makassar, serta pemberian santunan Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar Rp 70.000.000 kepada ahli waris
nelayan Sahabuddin yang merupakan peserta Paraikatte dari Pelindo Regional IV.

Juga penyerahan 150 paket sembako sebagai bentuk partisipasi BPJS Ketenagakerjaan pada kegiatan May Day tahun 2022. (*/yud)