oleh

Makassar Diganjar Predikat Nindya di KLA 2019

SULSEL.NEWS – Kota Makassar menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2019 kategori Nindya. Setelah di tahun sebelumnya Kota Makassar hanya masuk dalam kategori Madya

“Artinya kita naik kelas dari kategori Madya ke Nindya. Kita juga waktu pertama kali masuk dalam kategori KLA kita langsung dapat Madya bukan Pratama,” kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal S Suhaeb, Rabu (24/7/2019).

Bagi Iqbal, penghargaan Kota Layak Anak 2019 ini menjadi kebanggaan tersendiri. Untuk itu, inovasi kedepan akan lebih difokuskan memperbaiki taman, peran PKK, parenting, shelter warga. Dan untuk Dinas Pendidikan harus lebih memperhatikan sekolah ramah anak.

“Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Makassar bisa meraih predikat Nindya. Tahun ini, akan kita benahi dan tindak lanjuti dengan serius agar Kota Layak Anak di Makassar bisa benar-benar sesuai kebutuhan anak bukan kebutuhan orang tua,” terangnya.

Baca Jugahttps://sulsel.news/na-sebut-sulsel-menuju-provinsi-layak-anak/

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, Tenri A Palallo. Ia bertekad akan lebih serius untuk menggarap KLA ke depannya.

“Alhamdulillah kita syukuri meskipun awalnya kita target kategori Utama. Cuman, taman kita masih agak berantakan. Saya akan berjuang untuk tahun depan,” katanya.

Penilaian KLA oleh Kementerian PPPA mengacu pada 26 indikator. Terkhusus pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak dari segala macam bentuk eksploitasi dan atau kekerasan.

“Kalau bobotnya 500, maka untuk inisiasi Pratama. Kalau nilainya 600 kategori Madya, sementara 700 itu ke tingkat Nindya. Di atas itu 800-900 sampai 1.000 baru Kota Layak Anak”, jelas Kadis Tenri.

Selain Kota Makassar, ada 23 kabupaten/kota yang ikut mendapatkan kategori Nindya diantaranya, Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru, Kota Padang, Yogjakarta, Balikpapan, Gianyar, Kalimantan Timur.(*)

Editor: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.