Ketum Japnas Sulsel Dorong Digitalisasi Usaha

NEWS453 Dilihat

SULSEL.NEWS — Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Tahun 2021 di Gran Melia Jakarta (18/12/21).

Rakornas merupakan forum wajib bagi Japnas, 6 bulan jelang dilaksanakannya Musyawarah Nasional. “Forum ini untuk melakukan evaluasi program kerja Japnas, juga untuk menentukan tuan rumah munas dan tanggal pelaksanaannya,” ungkap Ketua Umum PP Japnas, Bayu Priawan Djokosoetono.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalm video sambutannya menyampaikan bahwa untuk merubah tantangan menjadi peluang diperlukan tiga energi utama pada saat pandemi saat ini yaitu digitalisasi, inovasi, dan kolaborasi.

Digitalisasi telah dilakukan di dunia pendidikan dan bisnis. Kedua, sektor usaha yang bertahan hanya mereka yang melakukan inovasi. Dan ketiga kolaborasi, gotong royong antara sektor usaha dan pemerintah dalam menangani dampak covid-19 baik itu di sektor kesehatan maupun ekonomi, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia juga mengajak kepada pengusaha pada khususnya, untuk bersinergi dan bergotong royong memberikan sumbangsih lebih bagi pembangunan ekonomi nasional. “Jika kita saling berkolaborasi, berinovasi, dan mampu memanfaatkan digitalisasi, kami yakin ini akan mampu merubah tantangan menjadi peluang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Japnas Sulsel, Arianto Burhan Makka, sangat sepakat adanya digitalisasi dunia usaha, dan hal tersebut telah dilakukan oleh Japnas melalui pendataan usaha anggota melalui platform digital.

“Pengusaha yang berjejaring sudah saatnya secara aktif dan proaktif membangun usaha dalam dunia digital dan mendorong berbagai program sinergi usaha serta peluang – peluang usaha, investasi dan sinergitas.

“Japnas adalah tempat berkumpul para pengusaha, menggabungkan kekuatan, mempadu-padankan keahlian untuk meningkatkan daya saing bersama, untuk tumbuh dan naik kelas bersama-sama. Bisa dibayangkan kekuatan ini jika menjadi rangkaian paduan usaha digital. Bisa menjadi pasar dunia Maya yang konferehensif,” terangnya.

Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) adalah organisasi pengusaha yang didirikan pada 2015 dan aktif mendorong sinergitas usaha antar pengusaha dan saat ini telah hadir di 20 Provinsi.

Pada Sidang Rakornas I yang dipimpin Ketua Harian Japnas Widiyanto Saputro memutuskan Japnas akan melaksanakan Munas I di Nusa Tenggara Barat selambatnya pada 18 Juni 2022 atau 6 bulan dari pelaksanaan Rakornas. Lokasi munas tersebut disaring dan dipilih dari 6 provinsi yang menyatakan berminat menjadi tuan rumah yaitu Papua Barat, Kalimantan Tengah, NTB, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Lampung,(Aco/*).