Kepala Bapenda Makassar Tampil di Hadapan Mahasiswa Unhas Paparkan Inovasi Pelayanan

PEMKOT MAKASSAR427 Dilihat

Makassar– Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar Firman Hanid Pagarra dan Kepala Dinas PM PTSP A. Zulkifly Nanda menjadi pemateri dihadapan mahasiswa S1 semester 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin bertempat di Ruangan Sipakalebbi Balaikota, Selasa 27 September 2022.

Prof. Dr. M. Thahir Haning, M.Si selaku dosen pendamping kuliah pelayanan publik Fisipol Unkversitas Hasanuddin menyampaikan bahwa kedatangan mereka untuk menambah wawasan dan kompetensi dari mahasiswa tentang bagaimana praktek pelayanan publik di dua instansi yakni Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar.

“Untuk meningkatkan pengetahuan kepada mahasiswa sosial politik UNHAS tentang bagaimana teori-teori administrasi publik yang berkaitan dengan unsur-unsur pelayanan publik di Kota Makassar. Hal inilah yang menjadikan dasar bagi kami untuk melaksanakan Kuliah Lapangan pada hari ini” pungkas Prof Dr. M. Tahir Haning, M.Si.

Dalam membawakan materi, Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Pagarra memaparkan bagaimana aplikasi PAKINTA mampu menjawab beberapa tantangan dalam meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah PAD Kota Makassar.

“PAKINTA sebagai salah satu tools yang berbentuk aplikasi yang sudah terintegrasi dan terdigitalisasi akan memberikan beberapa kemudahan bagi masyarakat dalam membayarkan pajak daerahnya baik secara tepat waktu dan tepat jumlah” ujar Firman Hamid Pagarra.

Adapun dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas PM PTSP menjelaskan tentang tupoksi, alur penyelenggaraan perizinan dan beragam pelayanan perijinan yang diselenggarakan Dinas PM PTSP Kota Makassar.

“Selaku penyelenggara kemudahan berinvestasi dan perizinan terpadu, Dinas PM PTSP memudahkan masyarakat untuk mengurus izin-izin karena kami dilengkapi dengan tim teknis dari unsur-unsur SKPD pendukung. Sehingga izin dapat terbit dalam waktu yang cepat” pungkas A. Zulkifly Nanda.

Acara ini turut menghadirkan sesi tanya jawab yang disambut dengan sangat antusias dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Hasanuddin. Acara ditutup dengan melakukan sesi foto bersama, (**).