Hamzah Hamid Ingatkan Pentingnya Pendidikan Baca Tulis Alquran

NEWS392 Dilihat

SULSEL.NEWS – anggota DPRD makassar Hamzah Hamid kembali menggelar sosialisasi penyebaran produk hukum daerah Kota Makassar.

Kali ini mengangkat tema “Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pendidikan Baca Tulis Alquran” menghadirkan narasumber, Ustadz Agung Wirawan dan Kabid PAUD Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hikmah Manganni, di Hotel Grand Imawan, Selasa (5/10/2021).

Dalam sambutannya, Hamzah Hamid mengingatkan pentingnya memahami regulasi Perda Baca Tulis Alquran sebagai upaya strategis dalam rangka membangun dan membentuk kualitas manusia yang berakhlak dan berwawasan Qurani

Kata Hamzah Hamid, setiap jenjang pendidikan mulai usia dini hingga tingkat menengah harus mampu baca tulis Alquran sesuai regulasi pada Perda ini.

“Pada beberapa pasal di Perda Baca Tulis Alquran ini bahwa tujuan umum pendidikan Alquran bagi peserta didik untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan baca tulis Alquran serta penghayatan Alquran untuk selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Untuk itu lanjutnya, melalui sosialisasi dapat menjadi acuan untuk diterapkan lebih maksimal lagi utamanya di sekolah-sekolah dan jenjang pendidikan lainnya.

“Kecenderungan anak-anak kita sekarang lebih banyak membuka aplikasi ataupun media sosial lainnya sementara membaca alquran dikesampingkan. Kita tidak pernah sadar bahwa ini akan merusak jalan masa depan anak-anak sebagai generasi pelanjut. Kita juga sebagai orang tua hampir tidak ada waktu mengajarkan anak-anak kita membaca alquran,” ujarnya.

“Mudah-mudahan pertemuan ini bisa merefleksi perjalanan kita agar kita bisa membatasi anak-anak kita tentang bahaya tekhnologi,” tandas Hamzah Hamid. (*/yud)