oleh

Gelar Sosper, Nasir Rurung: Pemberian ASI Eksklusif Jauh Lebih Sehat Daripada Susu Formula

SULSEL.NEWS – Anggota DPRD Kota Makassar Nasir Rurung menggelar sosialisasi penyebaran produk hukum daerah, Perda Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pemberian Air Susi Ibu Eksklusif, di Hotel Grand Town, Jalan Pengayoman, Senin (16/8/2021).

Hadir selaku narasumber, Andi Tenri A Pallo (Kadis Perpustakaan), Suhaedah (Akademisi).

Dalam sambutannya, Nasir Rurung
mengatakan, pemberian ASI Eksklusif kepada bayi usia 0 hingga 6 bulan jauh lebih sehat daripada susu formula. Selain itu juga akan semakin merekatkan hubungan emosional antara ibu dan anak.

“Jadi biasakanki’ kasi ASI anakta, karena Air Susu Ibu itu jauh lebih sehat daripada susu formula,” kata Nasir Rurung dalam sambutannya.

Politisi Partai Berkarya ini juga mengajak peserta yang didominasi kaum ibu-ibu untuk tidak sungkan menyusui bayinya jika berada di mal atau ditempat pelayanan publik lainnya karena di dalam Perda ini telah mengatur kewajiban setiap kantor, mal, restoran, ataupun tempat- tempat pelayanan publik lainnya untuk menyiapkan ruang menyusui.

“Setiap kantor, mal, restoran ataupun pelayanan publik lainnya wajib menyiapkan ruang menyusui. Ini juga menjadi persyaratan bagi pengusaha yang ingin membangun tempat usaha di Makassar wajib menyiapkan ruang menyusui,” terangnya.

Sementara, Suhaedah selaku narasumber menjelaskan, ASI Eksklusif pemberian ASI tanpa tambahan minuman lain mulai bayi berumur 0 hingga 6 bulan. Mengapa sampai 6 bulan?, karena sistem pencernaan bayi belum matang.

“Pemberian ASI kepada bayi akan menurunkan kadar stres ibu yang menyusui. Badan akan jauh lebih langsing karena energi kita keluar,” pada saat menyusui,” terangnya.

Namun demikian, Suhaedah juga mengingatkan, ketersediaan ASI bagi ibu yang menyusui juga dipengaruhi oleh faktor makanan, ketenangan jiwa dan fikiran. “Jadi kalau kasi menyusuiki’ bayita’, kasi nyaman ki hatita janganki stres,” tandasnya. (*/yud)