oleh

Gelar Sosper, Irmawati Sila Tekankan Pentingnya Pengelolaan Sampah

SULSEL.NEWS – Sampah yang setiap harinya kita buang akan memberikan manfaat secara ekonomi jika kita mampu mengelolanya dengan baik, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kota Makassar, Hj Irmawati Sila pada kegiatan sosialisasi penyebaran produk hukum daerah “Perda Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah” di Hotel Pesonna, Jl. Mappanyukki, Senin (20/9/2021).

“Pengelolaan sampah dapat dimulai dari rumah sendiri dengan cara memilah sampah kering dan basah. Ini jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat ekonomi dan menghasilkan keuntungan,” Irmawati Sila dalam sambutannya.

Politisi muda partai Hanura itu berharap, melalui sosialisasi ini
semakin meningkatkan kesadaran masyarakat guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah

“Pengelolaan sampah tidak bisa diserahkan kepada Pemerintah Daerah saja, akan tetapi mesti melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat agar tidak sekedar membuang sampah ditempatnya namun dapat mengelolanya sehingga bernilai ekonomis,” terangnya.

Anggota Komisi D DPRD Makassar menyebutkan, ada tiga jenis sampah sesuai penggolongannya,
yakni sampah rumah tangga, sampah sejenis sampah dan sampah spesifik.

Sampah rumah tangga kata Irma adalah sampah yang dihasilkan dari rumah. “Ini yang kita pilah menjadi dua bagian, yakni sampah kering dan basah. Sampah kering ini jika dikelola dengan baik akan mendatangkan keuntungan, salah satunya botol mineral,” jelasnya.

“Kelolaki’ sampahta dengan baik. Kalau itu kita bisa lakukan dengan baik, maka saya yakin dan percaya sampahta’ yang dirumah masing-masing bukan lagi menjadi masalah tetapi dapat mendatangkan berkah yang bernilai ekonomi,” demikian, Irmawati menandaskan.

Turut hadir, Camat Mamajang Edward Supriawan selaku narasumber, serta Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Andi Iskandar. (*/yud)

News Feed