CRISIS PR : Mengasah Soft Skills Public Speaking dan Jurnalistik

NEWS20 Dilihat

SULSEL.NEWS – GenBI Sulawesi Selatan baru saja telah menyelenggarakan kegiatan CRISIS PR yang mengangkat tema “Escape the Crisis: PR in Action” yang diselenggarajan oleh Deputi Public Relation GenBI SulSel (12/10/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Departemen Teknik Geologi UNHAS yang diikuti oleh seluruh Staf Deputi Public Relation dan delegasi tiap deputi GenBI SulSel.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh MC serta sambutan oleh ketua panitia dan Ketua Wilayah GenBI Sulawesi Selatan sekaligus membuka acara ini secara resmi.

Ketua Wilayah GenBI Sulawesi Selatan, Josafat Togap Hamongan Sinaga dalam sambutannya mengatakan ” Kegiatan CRISIS PR ini merupakan sebuah wadah yang sangat bermanfaat yang telah disediakan oleh deputi public relation untuk anggota GenBI dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengasah softskill kita di bidang jurnalistik dan public speaking”

Masuk dalam kegiatan Inti dari acara ini yakni pemaparan materi public speaking yang dibawakan langsung oleh pemateri hebat dan luar biasa yakni Qaiatul Muallima yang mengkaji terkait bagaimana berbicara dengan baik, faktor yang mempengaruhi keberhasilan berbicara di depan umum dan ditutup dengan quotes yang presisi dan sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab yang mengundang antusias peserta untuk memberikan pertanyaanya.

Materi berikutnya dibawakan oleh Rudi Salam dengan tema jurnalistik yang menjabarkan mengenai tahapan kepenulisan jurnalistik, hal-hal penting dalam membuat press release lalu diakhiri dengan mengulas bersama press release dari salah satu kegiatan GenBI. Pemateri juga membuka sesi tanya jawab yang mengundang antusiasme dari para peserta untuk menanyakan terkait kepenulisan jurnalistik.

Selanjutnya dilaksanakan Forum Group Discussion dengan dibentuk kelompok dan diberikan tema-tema yang menarik sebagai bahan untuk menuliskan berita. Setiap kelompok mengkaji topik yang akan diangkat dengan mengumpulkan data-data terkait berita tersebut. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dituangkan dalam bentuk poster yang berisi berita tersebut untuk dipresentasikan. Dari presentasi tersebut dipilih kelompok terbaik sebagai pemenang pada FGD ini.

Selama kegiatan berlangsung diselingi pula dengan games-games yang sangat seru untuk menyalakan semangat dari para anggota agar tetap bersemangat mengikuti kegiatan ini dengan hadiah yang menarik juga tentunya.

A. Tenri Rezki Azzahra M, selaku Koordinator Deputi Kesehatan GenBI SulSel 2024/2025 dalam wawancaranya mengungkapkan kesannya terkait kegiatan ini “Program kerja CRISIS PR ini sangat keren, pilihan bahan materi yang diberikan sangat bermanfaat dan cukup jadi hal mendesak di kalangan mahasiswa. Kegiatan ini juga berjalan dengan seru dan menyenangkan karena terdapat games yang menarik untuk mengisi kejenuhan kami”

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada peserta terbaik dan best group presentation yang diserahkan langsung oleh ketua panitia dan koordinator deputi Public Relation. Dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta yang mengikuti kegiatan seminar CRISIS PR ini.

Besar harapan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman belajar yang holistik dan praktis, untuk mempersiapkan peserta khususnya staf Public Relation GenBI agar menjadi lebih responsif terkait kepenulisan jurnalistik dan menciptakan dampak kepada pendengar melalui public speaking.

Citizen Reporter : Revanya Zaskia Meiliana & Muh. Dani Assegaf