Bapenda Makassar Masif Edukasi dan Sosialisasi Target 230 Miliar Pajak Restoran

PEMKOT MAKASSAR405 Dilihat

Sulsel.news, Makassar– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar terus mengoptimalkan peningkatan pajak restoran dan rumah makan. Sosialisasi masif dilakukan bagi wajib pajak.

Teranyar, ratusan pengusaha restoran diberi pemahaman dan edukasi dalam sosialisasi yang berlangsung di Hotel Horison, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar.

“Kita mengingatkan wajib pajak terkait kepatuhan. Apalagi ini kita lihat ekonomi di Makassar sudah reborn lagi,” kata Kepala Bidang Pajak 1 dan Retribusi Daerah Bapenda Makassar, Harryman, dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Harryman menjelaskan upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak restoran di Makassar. Dirinya yakin para wajib pajak taat dan patuh akan kewajibannya.

“Kelihatan juga dari pembayaran pajak ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Sudah ada kelebihan di bulan Juli Rp35 Miliar,” sebutnya.

Harryman yakin pendapatan dari sektor pajak di Makassar bisa tercapai target hingga akhir 2022 ini.

“Mudah-mudahan target Rp230 M bisa kita capai tahun ini dan progres luar biasa. Sudah lebih Rp120 M artinya sudah melewatinya (separuh target), masih ada waktu enam bulan kita maksimalkan,” bebernya.

Untuk mendapatkan itu, Bapenda Makassar terus melakukan upaya maksimal mulai dari uji petik hingga pemasangan kamera.

“Ada pemasangan alat online kita combine manusia dengan uji petik dan terakhir coba yang bandel kita pasangan CCTV,” bebernya.

“Kita lihat data pembanding jangan sampai pajaknya rendah dan orangnya ramai dan peningkatan itu pajak bisa maksimal,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bapenda Makassar, Firman Paggara, mengatakan pihaknya terus melakukan upaya untuk meningkatkan PAD di Makassar. Mulai edukasi hingga sosialisasi.

“Ini upaya upaya edukasi kepada seluruh wajib pajak, khususnya restoran, untuk selalu tepat waktu dan tepat jumlah dalam membayarkan pajaknya,” kata Firman.

Firman optimistis PAD Makassar meningkat dari tahun ke tahun. Olehnya itu, petugas diharapkan bekerja maksimal.

“Selain edukasi melalui sosialisasi juga ada penerapan uji petik, pemasangan kamera, dan beberapa mesin taiping box. Upaya ini yang dilakukan saat ini oleh Bapenda Kota Makassar,” tuturnya.