Anggota DPRD Makassar Sangkala Saddiko Gelar Sosper Pengelolaan Sampah

NEWS433 Dilihat

SULSEL.NEWS – Anggota DPRD Kota Makassar Sangkala Saddiko memulai kegiatan sosialisasi penyebaran produk hukum daerah tahun 2023, di Hotel Sarison, Jl. Perintis Kemerdekaan, pada Jumat (20/1/2023).

Sosialisasi kali ini mengangkat tema “Perda No. 4 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah” menghadirkan dua narasumber, yakni H. Dahyal, S.Sos, M.Si (Sekwan DPRD Makassar) serta pemerbati lingkungan Nur Hamsinah, S.Ag.

Seperti biasa, kegiatan dihadiri sekira 100 peserta yang didominasi warga Kecamatan Biringkanaya.

Dalam sambutannya, Sangkala Saddiko mengatakan, sosper ini untuk memberikan edukasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah yang baik berwawasan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak lagi sembarangan membuang sampah.

“Sampah jika dikelola dengan baik akan dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan,” tutur Sangkala Saddiko.

Menurut Sangkala Saddiko, persoalan sampah ini tidak bisa diserahkan kepada Pemerintah Kota saja, akan tetapi mesti melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat utamanya dalam hal pemilahan sampah sehingga masyarakat tak sekedar membuang sampah ditempatnya namun dapat mengelolanya sehingga bernilai ekonomis.

“Kalau kita bisa lakukan dengan baik, maka saya yakin dan percaya sampahta’ yang ada dirumah bukan lagi menjadi masalah tetapi dapat mendatangkan berkah yang bernilai ekonomi,” tuturnya lagi.

Untuk itu, pemilik tagline SS BRO ini
mengajak peserta sosialisasi untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mengikuti secara seksama pemaparan kedua pemateri yang dihadirkan.

“Sebentar, ada ruang tanya jawab, bisaki bertanya langsung kepada kedua pemateri kita. Manfaatkanki kesempatan ini sehingga tujuan sosialisasi ini dapat tersampaikan dengan baik. Minimal menjadi pengetahuan baru bagi kita semua,” tandasnya.(*/yud)