Anggota DPRD Makassar Hj Kartini Sosialisasikan Perda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kabakaran

NEWS378 Dilihat

SULSEL.NEWS – Anggota DPRD Kota Makassar Hj Kartini memulai kegiatan sosialisasi penyebaran produk hukum daerah tahun anggaran 2023, di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Jumat (27/1/2023).

Sosper kali ini mengangkat tema “Perda Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kabakaran” menghadirkan narasumber, Alamsyah Thalib (Kabid Pencegahan Damkar Makassar), serta Dahyal (Sekretaris DPRD Makassar).

Dalam sambutannya, Hj Kartini mengungkapkan pentingnya Perda Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran ini disosialisasikan, mengingat Perda ini tergolong baru dan sepenuhnya diketahui oleh masyarakat.

“Saya sengaja mengangkat Perda ini karena sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran,” kata Hj Kartini.

 

Dijelaskan Kartini, Pemkot Makassar terus melakukan pelayanan secara maksimal dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan menganggarkan penyediaan unit pemadam motor atau damtor untuk lebih memudahkan jika terjadinya kebakaran di dalam lorong-lorong yang ada di Makassar.

“Biasanya kalau terjadi kebakaran di dalam lorong, mobil damkar lebih sulit mengatasinya. Makanya pemerintah sudah menyediakan damtor untuk lebih memudahkan,” ujar Hj Kartini.

Meski demikian, Politisi Perempuan Partai Perindo ini berharap agar masyarakat lebih dini dalam mencegah terjadinya kebakaran di lingkungan masing-masing. Hindari kesalahan, keteledoran dan unsur kesengajaan, dan selalu perhatikan barang yang bersentuhan langsung dengan listrik.

 

“Nanti ada ruang tanya jawab, bisa langsung ditanyakan ke pak Kabid bagaimana kerja-kerja Dinas Kebakaran. Bagaiamana mengatasi  jika di rumah ada percikan api, dan pencegahannya agar tidak berdampak terjadi kebakaran,” tandas Hj Kartini. (*/yud)