Walhi Bertemu Penjabat Wali Kota Makassar, Bahas Isu Lingkungan

NEWS802 Dilihat

SULSEL.NEWS – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) bersama tim peneliti Bothends dari Belanda mengadakan pertemuan dengan Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb di Rumah Jabatan Wali kota, Jl. Penghibur, pada Jumat (14/6/2019).

Pertemuan ini membahas rencana reklamasi dan penambangan pasir di beberapa daerah pesisir di Makassar.

“Selain membahas rencana reklamasi, kami juga membicarakan bagaimana solusi pemerintah memberikan perlindungan terhadap masyarakat pesisir dan wilayah tangkapnya sebagai nelayan yang mendiami daerah pesisir tersebut,” kata Direktur Eksekutif Walhi, Al Amin.

Ia juga berharap Pj Wali Kota Iqbal dapat bertukar informasi dengan Walhi terkait rencana reklamasi daerah pesisir, agar resiko dampak serta efek yang kurang baik terhadap lingkungan sekitarnya dapat diminimalisir.

“Kami memberikan laporan agar wali kota tahu untuk dan bisa mengambil sikap dan upaya yang konkrit demi terjaganya kelangsungan hidup nelayan, dan lingkungan di daerah pesisir,” ujarnya

Ia optimis dengan adanya pembicaraan ini Pj Wali Kota Iqbal dapat mengambil kebijakan strategis untuk memberikan perbaikan hidup bagi masyarakat yang terkena dampak dari reklamasi dan penambangan pasir pesisir seperti di Cambayya, Buloa, dan Tallo.

“Kami akan menginstruksikan Bappeda untuk memediasi pertemuan antara Walhi dengan pihak terkait untuk membahas rencana reklamasi dan penambangan pasir,” ujar Pj Wali Kota Iqbal di akhir pertemuan. (*)

Editor: admin