Soal Anggaran Paket Sembako, Dewan Desak Dinsos Makassar Transparan

NEWS407 Dilihat

SULSEL.NEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Nunung Dasniar kembali mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk lebih transparan anggaran paket sembako.

Tak ayal, jika Wakil Ketua Komisi A DPRD Makassar itu pun menyoroti soal anggaran yang di peruntukkan penaganan Covid-19 di Kota Makassar.

Dari informasi yang dihimpun, bantuan paket sembako yang disalurkan ke masyarakat, biaya budjeting Rp620 ribu per paketnya. Dimana didalamnya, sudah termasuk bahan pokok dan ada biaya packing, dan pengawalan.

Dana tersebut diperoleh dari Biaya Tak Terduga (BTT) di Sekretariat Pemkot Makassar sebesar Rp30 miliar, dan anggaran Silpa tahun 2019 sebesar Rp147 miliar.

“Kami minta agar rincian anggaran bantuan per paket itu harus di publis ke masyarakat supaya tidak ada lagi tendensi kecurangan,” terang Nunung, Rabu (22/4/2020).

Nunung mengatakan, transparansi anggaran bantuan tersebut sangat penting di publis, mengingat banyaknya dugaan ada permainan antara Pemerintah dan pihak distributor logistik.

Selain itu, menurut Nunung, sejumlah perusahaan swasta yang diketahui telah menyumbang dana CSR-nya untuk penanganan Covid-19 ke Pemerintah. Namun, laporan detail tidak dibuka secara transparan.

“Jangan sampai sumbangan dari perusahaan swasta itu dibagikan digabung dengan bantuan dari anggaran APBD,” kata Legislator Partai Gerindra ini.

Sebelumnya juga, anggota Komisi A DPRD Makassar, Syamsuddin Raga. Ia mencurigai pemerintah dan pihak distributor mempermainkan harga bantuan tersebut sebelum disalurkan.

“Belanja itu bisa di up harganya, meskipuin tidak di up tetapi mereka bisa mempermainkan ada aturan antara distirbutor dan pembeli. Itu kan biasanya, 10 sampai 15 persen. Kemana itu uang berarti tidak efektif kepada masyarakat,” kata dia.

Potensi terjadinya korupsi, kata Legislator Perindo itu adalah pada pengadaan barang bantuan. Sebab ada pemberian batuan bukan dalam bentuk uang tunai, namun dalam bentuk bahan kebutuhan pokok atau sembako.(*)

Editor: admin