Sidak di Pasar Tradisional, Tim Terpadu Temukan Produk Olahan Kadaluarsa

NEWS428 Dilihat

SULSEL.NEWS – Tim Terpadu Pemerintah Kota Makassar mengelar inspeksi mendadak (Sidak) produk pangan dan makanan disejumlah Pasar Tradisional dan Modern.

Tim terpadu yang terdiri dari
Dinas Ketahanan Pangan, DP2, Dinkes, Perdangangan dan BBPOM ini menemukan sejumlah produk makanan dan olahan bumbu yang sudah kadaluarsa.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Sri Sulsilawati di Pasar Daya Makassar. Menurutnya

“Sdak ini untuk memastikan produk makanan dan olahan makanan aman menjelang natal dan ahun baru agar masyarakat aman berbelanja,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sri Sulsilawati, ditemui di Pasar Tradisional Daya, pada Senin (17/12/2818).

Dijelaskan, olahan makanan kadaluarsa ini berupakan makanan mie siap saji hingga bumbu makanan seperti susu, kecap dan lainnya.

“Ada juga barang 2016 kemudian dicampurkan ke barang 2018 yang mendekati masa kadalursa. Ya mungkin untuk mengelabuhi,” terangnya.

Tim Terpadu Makassar kemudian meminta pemilik disaksikan petugas untuk memusnahkan barang tersebut agar tak dijual lagi. Masyarakatpun diminta untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam membeli produk makanan dipasaran

“Kita minta barangnya ditarik atau dimusnahkan biar tidak dijual lagi. Kan bahaya kalau dikomsumsi barang kadaluarsa, bisa kanker, diare bahkan keracunan,” paparnya.

Selain memeriksa makanan, Tim terpadu juga langsung melakukan uji lab bagi produk makanan pangan seperti bakso, sayur, cabai, hingga tahu tempe.

“Kita mau tahu apakah dia mengandung boraks atau pestisida dan formalin. Hasilnya tadi sudah diperiksa uji lab dan negatif semua,” tutupnya.(*)

Editor: admin