Relawan Wanua Panrita Serahkan Bantuan Pupuk Kepada Tani Bukit Cindakko

NEWS383 Dilihat

SULSEL.NEWS – Sebanyak 300 Kg pupuk kopi jenis Petrobiofertil dibagikan relawan Wanua Panrita kepada kelompok tani Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan pada Sabtu, (21/8/2021)

Kelompok tani yang dibentuk oleh Wanua Panrita tersebut terdiri dari 60 petani, dan akan menggunakan pupuk hayati itu untuk luas lahan kopi sekitar 60 hektar di dusun Cindakko yang tersebar di 4 sektor, yakni Calangga, Lehe, Pattoengeng, dan Parang Luarra dengan total wilayah sekitar 32,13 km2.

Pemberian pupuk ini merupakan program lanjutan Wanua Panrita bernama, “Budidaya Kopi untuk Kemandirian Cindakko”, pasca tanam bibit kopi.

Sebelumnya, 22.000 ribu pohon kopi khas dusun Cindakko yang diinisiasi Wanua Panrita ditanam bersama kelompok tani pada Rabu, 1 Januari 2020, bernama, “Gerakan Penanaman 22.000 Pohon Kopi Cindakko”.

Pada 1 Oktober 2019 lalu, Kopi Cindakko berhasil menjuarai Festival International Coffee Day yang diselenggarakan pada 1 Oktober 2019 lalu di Kota Makassar. Karena varian dan rasanya yang unik, menjadi ciri khas tersendiri bagi kopi Cindakko dan lidah kaum pecinta kopi.

Budidaya ini didanai oleh PT Pertamina MOR VII sebagai program CSR.

“Bantuan pupuk ini menjadi salah satu kegiatan dari pendampingan budidaya kopi di Dusun Cindakko. Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat buat petani kopi dan menambah semangat mereka merawat tanaman kopinya,” kata Hasdinar, Ketua Umum Wanua Panrita. (*/rls)