Pj Wali Kota Larang SKPD Keluar Daerah, Fokus Selesaikan Semua Proses  Anggaran

NEWS449 Dilihat

SULSEL.NEWS – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb memimpin langsung Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) capaian realisasi program kerja masing-masing SKPD Triwulan IV, di ruang Sipakatau Lantai ll Balai Kota, pada Selasa (17/12/2019).

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menunjukkan beberapa SKPD masih minim dalam proses capaian serapan anggaran Triwulan IV. Kendalanya terkait administrasi keuangan yang prosesnya lambat, proses pengadaan yang gagal tender, dan efesiensi harga barang

“Dari data rekapitulasi, masih ada beberapa SKPD yang minim serapan anggarannya, makanya satu per satu kita panggil dan bahas di sini, apa yang menjadi permasalahannya,” terang Iqbal Suhaeb

“Ternyata datanya masih proksi karena ada yang belum dipertanggungjawabkan. Kegiatan fisiknya hampir sebagian sudah dikerjakan, tapi administrasi keuangannya belum selesai,” lanjutnya.

Untuk itu Iqbal berharap, bagi seluruh SKPD yang belum mencapai realisasi segera menyelesaikan realisasi target anggarannya.

“Kita larang pejabatnya keluar daerah agar fokus menyelesaikan semua proses anggaran hingga selesai,” terangnya.

Sementara, Kepala Bappeda Kota Makassar, Andi Hadijah Iriani menekankan pentingnya melakukan rapat Monev.

Iriani mencontohkan Kecamatan Tallo pada rekapitulasi anggarannya menunjukkan realisasi keuangan fisik 55 persen. Namun usai Monev didapati realisasi keuangannya telah mencapai 74 persen.

“Inilah gunanya Monev, kalau kita melihat secara tertulis memang capaian kecamatan Tallo rendah sekali di triwulan lV ini tetapi setelah dijelaskan oleh camat dan PPTK ternyata sudah melampaui dari 55 persen,” terang Kaban Iriani.

Ia juga berharap realisasi anggaran bisa mencapai angka 90 persen atau bahkan lebih karena masih sementara berproses hingga tenggang waktu yang ditentukan. (*)

Editor: admin