Pemuda Pemerhati Pemilu Apresiasi Komunitas REWAKO Sukseskan Pilkada Gowa di Tengah Pandemi Covid

POLITIK451 Dilihat

SULSEL.NEWS – Komunitas REWAKO, sebuah wadah yang didominasi para pemuda mengajak masyarakat Kabupaten Gowa untuk tetap menggunakan hak suaranya di Pilkada Gowa 2020, meski pelaksanaan Pilkada kali ini ditengah pandemi covid-19.

Salah satunya, dengan menggelar sosialisasi terkait 12 hal baru di TPS, diantaranya, datang ke TPS menggunakan masker, Jaga jarak minimal 1 meter di TPS, mencuci tangan sebelum mencoblos, Cek suhu tubuh sebelum masuk di TPS, pemilih menggunakan sarung tangan plastik, dan petugas TPS menyediakan tinta tetes.

Kemudian, Maksimal 500 pemilih dalam TPS, Petugas KPPS menggunakan APD, Jadwal kedatangan pemilih di TPS diatur dalam form C pemberitahuan, TPS disemprot secara berkala menggunakan disinfektan, Bilik khusus bagi pemilih bersuhu tubuh diatas 37.3 c, dan Menghindari kontak fisik dalam TPS.

Kegiatan tersebut kemudian mendapatkan apresiasi dari Pemuda Pemerhati Pemilu. Menurut Hendri SH selaku Koordinator Pemuda Pemerhati Pemilu, hal ini cukup baik, mengingat Pilkada tahun 2020 ini berbeda dengan yang dihelat sebelumnya, dimana kita dihadapkan kondisi pandemi Covid-19.

“Jika kegiatan ini bisa dilakukan oleh wadah-wadah lainnya. Tentunya ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait proses pencoblosan nanti di TPS,” ujar Hendri di salah satu cafe, di Makassar, Rabu (28/10).

Hendri menilai, apa yang dilakukan REWAKO merupakan satu gerakan mencerdaskan pada pilkada tahun ini. Karena itu, pihaknya ingin bisa membangun komunikasi antara Pemuda Pemerhati Pemilu dengan REWAKO.

“Saya bersama teman-teman di Pemuda Pemerhati Pemilu, lagi mencoba membangun komunikasi ke REWAKO. Barangkali kedepan kita bisa bekerja sama dalam hal-hal yang berkaitan dengan proses demokrasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pilkada Gowa tahun 2020 diikuti hanya satu pasangan calon, yakni Adnan Purichta Ichsa berpasangan Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio). Pasangan ini akan melawan kolom kosong pada pemilihan 9 Desember mendatang.(*)

Editor: admin