Panitia PSBM XIX Temui Wapres JK, Laporkan Persiapan Pelaksanaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar

NASIONAL, NEWS416 Dilihat

SULSEL.NEWS – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) H M Sattar Taba menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Kamis (13/6/2019).

Pertemuan ini guna melaporkan kondisi terakhir persiapan pelaksanaan kegiatan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) yang akan digelar pada Sabtu 15 Juni – Minggu 16 Juni 2019 mendatang, di Wisma Negara Makassar.

Turut hadir menemui JK, yakni Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan yang juga sebagai Ketua Panitia Lokasl PSBM, Abdul Hayat Gani, Ketua Pengarah PSBM XIX Andi Rukman Karumpa, Ketua Kadin Sulawesi Selatan Zulkarnain Arief, dan Andi Indra, dari HIPMI DKI Jakarta yang mewakili saudagar milineal.

Dikesempatan itu, Wapres JK
menekankan pentingnya mendorong dan menumbuhkembangkan saudagar -saudagar pribumi yang tercakup di dalamnya adalah saudagar Bugis Makassar.

“Pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga banyak digeluti oleh saudagar Bugis Makassar, Mandar dan Toraja,” ucapnya.

Sementara, pada PSBM XIX yang mengusung tema “Bersinergi Memajukan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal” Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb berinisiasi akan mengisi dengan pertunjukan I La Galigo dan akan menghadirkan menu nuansa lokal seperti Coto Makassar, Konro, Pallumara, Pisang Epe, Buroncong, dan berbagai menu lainnya di jamuan makan malam yang akan berlangsung di Fort Rotterdam, 16 Juni nanti.

“I La Galigo akan dipentaskan meski versi pendeknya. Sekaligus sebagai persembahan terima kasih kita di akhir masa jabatan bapak Jusuf Kalla sebagai Wapres,” ucap Iqbal.

Untuk kegiatan secara keseluruhan, Andi Rukman Karumpa menjelaskan bahwa para pembicara pada PSBM di antaranya MenPAN RB Syafruddin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Toraja Utara dan Bupati Selayar dan pengusaha Masud Darmawan dari Kalimantan sudah terkonfirmasi kesiapannya.

“Pariwisata menjadi tema utama PSBM, karena sektor ini merupakan salah satu sumber devisa negara terbesar. “Apalagi di Sulsel banyak potensi wisata yang bisa digarap menjadi destinasi menarik,” tutur Andi Rukman yang juga Wakil Ketua Umum Kadin ini. (*)

Editor: admin