Lembaga Riset IDI: Ketidak Jujuran Pasien Berdampak Tingginya Angka Kematian Dokter

NEWS412 Dilihat

SULSEL.NEWS – Kabar duka menghampiri para tenaga medis di Kota Makassar. Di saat berpacu dengan waktu bagaimana menangani para pasien yang terpapar Covid19, mereka juga harus bertaruh nyawa dengan alat kesehatan terbatas menjadi garda terdepan dalam penanganan virus Corona ini.

Sampai saat ini, jumlah dokter yang meninggal dunia karena terpapar Covid – 19 sebanyak 31 orang dan merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Termasuk, dr. Bernedette Albertine Fransisca T, Sp. THT -KL yang berasal dari kota Makassar. Kepergian, dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) menambah catatan panjang dokter meninggal karena penyakit Corona.

Ketua Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Marhaen Hardjo Ph.D M.Biomed meminta kepada masyarakat yang memiliki gejala-gejala mengarah terkena virus Corona (Covid19) untuk jujur ketika memeriksakan diri di Rumah Sakit ataupun Puskesmas.
Lebaga riset IDI melakukan riset bahwa angka kematian dokter tinggi didapatkan lewat penanganan pasien yang bukan positif Covid-19 di rumah sakit rujukan tapi pasien yang Sebenarnya sudah PDP atau Positif tapi tidak jujur akhirnya menularkan ke dokter beber marhaen .

Marhaen menjelaskan, banyaknya tenaga medis yang menjadi korban disaat pandemi virus Corona ini di Indonesia, selain kekurangan Alat Kesehatan, juga permasalahan pasien yang tidak jujur ketika datang memeriksakan diri ke Rumah Sakit atau Puskesmas

“Banyak pasien yang tidak jujur kalau pernah bepergian ke daerah pandemik corona atau pernah bersentuhan dengan pasien corona. Mereka datang ke puskesmas atau rumah sakit dengan diagnosa bukan Corona, padahal Corona. Akhirnya dokter kena juga karena ke tidak terbukanya pasien,”katanya melalui siaran pers di kantor IDI Makassar, Selasa (7/4/2020)

Marhaen pun menambahkan, ketidakterbukaan masyarakat disebabkan ada beberapa hal diantaranya ketidakpahaman
masyarakat ditambah keras kepala. Sehingga banyak PDP, atau ada stigma masyarakat bahwa Corona ini aib.

Untuk itu, Marhaen mengimbau agar para pasien dengan gejala-gejala mirip Corona untuk jujur, ketika ditanya tentang riwayat perjalanannya, ” penyakit Covid bukan aib jadi jujur lah biar tidaj kena orang lain dan nyawa sendiri juga bisa selamat biar ditangani cepat,”tegasnya

Terkait berapa persentasenya sebenarnya pasien yang tidak ingin diketahui riwayatnya ketika datang memeriksa, Marhaen menyebutkan data yang ada sebenarnyan tidak seperti dkenyataan di lapangan yang luput dari pantauan data terakhir 31 dokter saat ini sudah gugur di Medan pertempuran karena corona pungkas Marhaen. (*/rls)

Editor: admin